Mengenal Apa itu Server dan Jenis – Jenis Server

jenis jenis server – Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia website dan internet, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Server. Server adalah suatu sistem komputer yang memiliki jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Didukung dengan prosesor dan RAM besar dan dilengkapi sistem operasi khusus. 

Server erat kaitannya dengan hosting. Karena disanalah hosting ditempatkan. Server memiliki jenis-jenisnya loh, mari kita berkenalan dengan jenis-jenis server yang harus anda ketahui.

1. Web Server

Web servers adalah sebuah perangkat komputer yang telah dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protocol https atau http yang terpasang pada komputer server. 

Cara kerjanya cukup sederhana yaitu web server mengirim permintaan dan ditampilkan pada browser bisa dalam bentuk tulisan, gambar, video maupun dalam bentuk lainnya.

2. Database Server

Jenis server ini adalah server yang berfungsi untuk mengatur penyimpanan serta pengolahan data pada jaringan komputer. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti insert, delete, update data dan lainnya.

3. FTP Server

File Transfer Protocol (FTP) adalah server yang mendukung pertukaran data dalam server pada jaringan luas seperti internet. FTP server menggunakan software seperti WU-FTPD, VSFTPD, FTPD, dan PROFTPD.

4. Proxy Server

Proxy Server adalah Server yang menjalani peran sebagai penengah untuk melayani request dari komputer client yang mencari sumber dari server lain. Fungsi proxy antara lain mempercepat akses internet, mengatur bandwidth atau sinyal, memblokir situs-situs berbahaya, dan memfilter malware atau virus yang bisa masuk ke jaringan. 

5. PVN

Merupakan layanan komputasi awan yang menggabungkan beberapa server dan koneksi jaringan multihoming berbasis internet untuk pengolahan data secara online dan bisa diakses secara realtime.

Cloud Server adalah teknologi server yang bersifat virtual dimana hal ini bekerja secara software dan terdapat didalam sebuah physical server yang dibagi-bagi sehingga setiap VPS bisa terlihat dan bekerja seperti sebuah server mandiri yang sebenarnya. Setiap VPS memiliki Full Root Access, Sistem Operasi, dan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, file system dan lainnya termasuk resources server seperti CPU dan RAM yang berdiri sendiri. 

Hostnic memiliki layanan Cloud VPS yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan anda. Cek daftarnya di Harga Cloud VPS

Baca Juga:  Peran Penting Transport Layer dalam Proses Transmisi Komputer

Di tulis oleh: