Mengenal Apa itu Server dan Jenis – Jenis Server

jenis jenis server – Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia website dan internet, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Server. Server adalah suatu sistem komputer yang memiliki macam-macam layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Didukung dengan prosesor dan RAM besar dan dilengkapi sistem operasi khusus. 

Server erat kaitannya dengan hosting. Karena disanalah hosting ditempatkan. Server memiliki jenis-jenisnya loh, mari kita berkenalan dengan jenis-jenis server yang harus anda ketahui.

1. Web Server

Web servers adalah sebuah perangkat komputer yang telah dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protocol https atau http yang terpasang pada komputer server. 

Cara kerjanya cukup sederhana yaitu web server mengirim permintaan dan ditampilkan pada browser bisa dalam bentuk tulisan, gambar, video maupun dalam bentuk lainnya.

2. Database Server

Tipe server ini adalah server yang berfungsi untuk mengatur penyimpanan serta pengolahan data pada jaringan komputer. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti insert, delete, update data dan lainnya.

3. FTP Server

File Transfer Protocol (FTP) adalah server yang mendukung pertukaran data dalam server pada jaringan luas seperti internet. FTP server menggunakan software seperti WU-FTPD, VSFTPD, FTPD, dan PROFTPD.

4. Proxy Server

Proxy Server adalah Server yang menjalani peran sebagai penengah untuk melayani request dari komputer client yang mencari sumber dari server lain. Fungsi proxy antara lain mempercepat akses internet, mengatur bandwidth atau sinyal, memblokir situs-situs berbahaya, dan memfilter malware atau virus yang bisa masuk ke jaringan. 

5. Database Server

Database server melayani pengguna yang membutuhkan layanan untuk menyimpan database. 

Hostnic memiliki layanan server yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Cek daftarnya sebagai berikut :

 Harga Cloud VPS

Dedicated Server Murah


Di tulis oleh: