Jenis – Jenis Hosting dan Fungsinya Yang Harus Anda Ketahui

Hosting merupakan layanan untuk menyimpan materi yang ada dalam website. Materi berupa gambar, video atau data yang di simpan bisa berupa data situs berbentuk halaman website seperti script PHP, serta code CSS. Semua data itu akan disimpan dan dapat diakses serta dikelola melalui internet dan dapat diakses oleh setiap orang.

Terdapat beberapa jenis Hosting yang wajib anda ketahui  seperti shared hosting, VPS Hosting, WordPress Hosting, hingga dedicated hosting. Bila Anda belum mengetahui semuanya, berikut ini adalah penjelasannya :

  • Shared Hosting

Shared Hosting biasanya digunakan untuk service situs hosting dimana beberapa web harus share atau berbagi sumber daya dari situs server yang besar. Atau jika diumpamakan seperti, satu bangunan rumah (situs server) untuk beberapa orang (website). Shared hosting sendiri sering mempunyai harga yang lebih terjangkau ketimbang dengan jenis web hosting yang lainnya. 

  • VPS Hosting

Dengan menggunakan VPS (Virtual Private Server) hosting, Anda masih share server dengan pemakai yang lain. Tetapi, penyedia web hosting telah membagikan komponen  – komponen untuk Anda sendiri di server. Ini bermakna Anda mendapatkan ruang server yang dedicated serta menerima sebagian power computing serta memori. Disamping itu, VPS hosting ialah pilihan yang tepat untuk pemakai website usaha yang trafiknya tinggi.

Baca Juga : Apa Itu Hosting dan Fungsinya Untuk Website

  • Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah satu “upgrade” dari VPS hosting. Daya atau Kekuatannya sama dengan tipe web hosting yang baru saja dibahas. Tapi, satu server cuma dipakai oleh satu pemakai saja. Dengan server yang dikhususkan, Anda tidak perlu takut akan downtime. Disamping itu, kemampuan dalam penyimpanan yang didapatkan juga tentu saja kian besar dari yang ditawarkan kedua jenis  service hosting di atas. Karena inilah dedicated hosting yang amat tepat untuk website dengan sebagian data dan pengunjung. Namun, pengoperasian dedicated hosting mewajibkan Anda untuk memiliki pengetahuan teknis tingkat tinggi karena pengontrolan server tak dikerjakan oleh penyedia hosting. Ditambah, biaya tipe hosting ini bisa di bilang termahal dibanding jenis atau tipe yang lain. 

  • WordPress Hosting

WordPress hosting ialah format lain dari shared hosting dan diciptakan untuk pemakai website situs WordPress. Server telah dikonfigurasi dengan sistem khusus yang di peruntukan untuk WordPress dan website dilengkapi dengan pre-installed plugin pada beberapa bagian penting, seperti caching serta keamanannya. Dengan komposisi benar-benar optima, karenanya website Anda akan loading lebih kencang dan terhindar dari masalah. Seringkali paket WordPress hosting mengikutkan feature penambahan terkait WordPress, topik WordPress yang pre-designed, drag-and-drop page builder, serta tool developer yang terperinci.

Nah, itulah Jenis – Jenis Hosting dan Fungsinya Yang Harus Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Cara Kerja Web Crawler

Di tulis oleh: