Apa Itu Hosting dan Fungsinya Untuk Website

Apa Itu Hosting – Ketika sedang mempelajari tentang website atau cara membangun sebuah website, hal pertama yang terpikirkan adalah Domain atau nama website, maka setelahnya kita akan membutuhkan sebuah Hosting. Nah, bagi anda yang masih pemula pasti bertanya-tanya Apa itu Hosting dan apa fungsinya untuk sebuah website yang hendak anda buat?

Dalam Artikel ini, kami akan mencoba menjelaskan tentang Hosting beserta fungsinya di dalam setiap website.

Pengertian Hosting

Secara garis besarnya, Hosting adalah wadah untuk menampung semua materi atau konten yang akan anda taruh ke dalam website. Semua data yang akan anda masukan berupa file, gambar atau video akan tersimpan ke dalam Hosting.

Data yang di simpan bisa berupa data situs berbentuk halaman website, script PHP, serta code CSS. Semua data itu akan disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet dan dapat diakses oleh setiap orang.

Jika di ibaratkan sebuah kios atau toko, maka Hosting merupakan bangunan toko yang anda sewa di sebuah Mall dengan ukuran dan detail yang spesifik. Pihak penyuplai hosting menyediakan pilihan paket hosting yang berbeda sesuai keperluan website penyewa. Makin besar/kompleks data serta traffic pada sebuah website, maka akan makin tinggi juga detail hosting yang diperlukan.

Jenis-jenis Web Hosting

Berikut contoh hosting yang seringkali dipakai:

  • Shared Hosting 
  • VPS (Virtual Private Server) 
  • Cloud Hosting 
  • WordPress Hosting
  • Dedicated Server Hosting

Kebutuhan akan hosting biasanya akan di tentukan dari kebutuhan. Semakin besar data maka membutuhkan kapasitas hosting yang lebih besar pula. 

Jika anda sedang membutuhkan Hosting berkualitas, hostnic.id menyediakan layanan Hosting dengan harga terjangkau. Tersedia berbagai jenis hosting yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Google Adwords

Di tulis oleh: