Membangun Web Server Debian (LAMP)

LAMP adalah singkatan Linux,  Apache, MySQL, PHP. Tutorial ini menunjukkan bagaimana Anda dapat memasang webserver Apache2 di server Debian Lenny dengan dukungan PHP5 (mod_php) dan dukungan MySQL.

1 Instalasi MySQL 5.0

Pertama kita menginstal MySQL 5.0 seperti ini:

aptitude install mysql-server mysql-client

Anda akan diminta untuk memberikan password untuk user root MySQL – password ini berlaku untuk user root@localhost jadi kita tidak perlu menentukan password root MySQL secara manual nanti :

New password untuk user "root" MySQL: <- yourrootsqlpassword
Ulangi password untuk user "root" MySQL: <- yourrootsqlpassword

2 Instalasi Apache2

Apache2 tersedia sebagai paket Debian, oleh karena itu kita dapat menginstalnya seperti ini:

aptitude install apache2

Sekarang langsung browser Anda untuk http://, dan anda akan melihat halaman placeholder Apache2 (It works!).

dokumen root Apache default adalah /var/www pada Debian, dan file konfigurasi adalah /etc/apache2/apache2.conf. Tambahan konfigurasi disimpan dalam subdirektori dari direktori etc/apache2 / seperti /etc/apache2/mods-enabled (untuk modul Apache ), /etc/apache2/sites-enabled (untuk virtual host), dan /etc/apache2/conf.d.

3 Instalasi PHP5

Kita dapat menginstal PHP5 dan Apache modul PHP5 sebagai berikut:

aptitude install php5 libapache2-mod-php5

Kita harus me-restart Apache kemudian:

/etc/init.d/apache2 restart

4 Pengujian PHP5 / Instalasi Mendapatkan Detail Tentang PHP5 Anda

Dokumen root dari situs web default adalah /var/www. Sekarang kita akan menciptakan sebuah file PHP kecil (info.php) dalam direktori itu dan menyebutnya di browser. File akan menampilkan banyak detail yang berguna tentang instalasi PHP kami, seperti versi PHP yang diinstal.

nano /var/www/info.php
<?php phpinfo(); ?>

Sekarang kita sebut bahwa file dalam browser misalnya http:///info.php

Seperti yang Anda lihat, PHP5 bekerja, dan bekerja melalui Apache 2.0 Handler, seperti ditunjukkan pada baris Server API. Jika Anda menggulir ke bawah, Anda akan melihat semua modul yang telah diaktifkan di PHP5. MySQL tidak terdaftar di sana yang berarti kita tidak memiliki dukungan MySQL di PHP5 belum.

5 Dukungan MySQL Mendapatkan Dalam PHP5

Untuk mendapatkan dukungan MySQL di PHP, kita dapat menginstal paket php5-mysql. Ini adalah ide yang baik untuk menginstal beberapa modul PHP5 lainnya serta Anda mungkin membutuhkannya untuk aplikasi Anda. Anda dapat mencari modul PHP5 yang tersedia seperti ini:

aptitude search php5

Pilih yang Anda butuhkan dan menginstalnya seperti ini:

aptitude install php5-mysql php5-curl php5-gd php5-idn php-pear php5-imagick php5-imap php5-mcrypt php5-memcache php5-mhash php5-ming php5-ps php5-pspell php5-recode php5-snmp php5-sqlite php5-tidy php5-xmlrpc php5-xsl php5-json

Sekarang restart Apache2:

/etc/init.d/apache2 restart

Sekarang reload http:///info.php di browser Anda dan gulir ke bawah ke bagian modul lagi. Anda sekarang harus menemukan banyak modul baru di sana, termasuk modul MySQL

6 phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah antarmuka web di mana Anda dapat mengatur database MySQL. Ini adalah ide yang baik untuk menginstalnya:

aptitude install phpmyadmin

Anda akan melihat pertanyaan berikut:

Web server untuk mengkonfigurasi ulang secara otomatis: <- apache2

Setelah itu, Anda dapat mengakses phpMyAdmin di bawah http:///phpmyadmin/


Di tulis oleh: