Mengenal Apa Itu Control Panel Hosting Untuk Website

Apa itu Control Panel Hosting? Kadang kita sering mendengar istilah Control Panel Hosting. Bagi yang sudah mahir ataupun sering berkecimpung didunia website maupun server, pasti sudah tahu serta mengerti apa arti dan fungsinya. Namun, bagi yang masih baru tentu saja akan bingung apa itu control panel hosting?

Control Panel Hosting dibutuhkan dalam sebuah website untuk membantu pemilik website dalam menjalankan serta mengatur manajemen layanan hosting. Control panel sendiri lebih sering disebut cpanel oleh banyak pengguna merupakan tools yang sangat dibutuhkan dalam sebuah website. Maka, jangan heran jika anda membeli sebuah hosting, anda akan mendapatkan akses login cpanel atau control panel hosting secara otomatis dari penyewa hosting. 

Berikut beberapa control panel populer yang bisa anda pilih :

1. cPanel

cPanel merupakan hosting control panel yang cukup populer. Tersedia pada sistem operasi Linux, sistem ini cocok untuk para pemula serta pengembang yang lebih memilih fungsi konsol ketimbang desain.

cPanel memiliki fitur yang cukup lengkap seperti pengaturan nama domain, registrasi, dan transfer, manajemen email, fitur keamanan, memonitor performa server, file manager serta FTP users creation, dan backup. Kelebihan lainnya ialah pemakaian yang cukup mudah.

2. Plesk 

Hosting control panel populer berikutnya adalah Plesk. Interface yang sederhana dan intuitif menjadi alasan kenapa banyak sekali yang berminat menggunakan Hosting Control Panel ini selain karena Panel ini dapat digunakan pada Windows dan Linux. 

Dengan menggunakan Plesk anda akan lebih fokus pada pembangunan website karena Plesk dilengkapi dengan automaton yang bervariasi, sehingga akan menghemat waktu dan sumberdaya. 

3. Direct Admin

Mencari  hosting panel yang termudah dan tercepat, Direct Admin adalah solusinya. Panel ini sangat cocok untuk digunakan oleh para pemula atau yang tidak memerlukan pengaturan yang kompleks. Sehingga seseorang yang tidak memiliki kemampuan mendalam dibidang IT pun bisa mengoprasikannya dengan mudah. 

Dilengkapi dengan fitur seperti manajemen DNS, pembuatan database, pembuatan manajemen, pembuatan backup, akun reseller, manajemen file hingga penyediaan statistik pengguna dan tool anti-spam. Direct Admin mendapat dukungan akses multi level, dari mulai Administrator, User, hingga Reseller. 

Nah, itulah pengenalan singkat mengenai  Control Panel Hosting dan beberapa Hosting control panel populer yang harus anda ketahui, sehingga anda bisa lebih mudah dalam memilih hosting control panel mana yang paling cocok untuk anda.

Baca Juga:  Mengaktifkan Spam Filter di Cpanel

Di tulis oleh: