Apa itu cPanel

By:

cPanel adalah kontrol panel web hosting yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting, email ataupun website. Dikutip dari Wikipedia, cPanel memberikan tampilan grafis dan automasi untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel dapat berjalan dalam server/ hosting dengan sistem operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Pernah mendengar kata cPanel Hosting sebelumnya? Ketika kamu membeli hosting ataupun berkutat dengan dunia hosting, pasti akan menemui sebuah control panel yang akan membantumu dalam urusan setting. Nah, control panel tersebut dinamakan cPanel Hosting. Berikut adalah gambar dari tampilan cPanel Hosting.

apa itu cpanel

Apa Fungsi cPanel?

Fungsi cPanel Hosting sebenarnya untuk mempermudah pengelolaan website, domain serta hosting itu sendiri. Dikutip dari cpanel.com, ada beragam fungsi cPanel yang bisa kamu ketahui:

  1. Mempermudah proses manajemen web hosting
  2. Mempermudah customer dalam melakukan setting website
  3. Mempermudah pengelolaan email
  4. Mengatur pengelolaan domain seperti pembuatan subdomain, addon domain dan sebagainya
  5. Melakukan pengaturan file
  6. Mempermudah dalam manajemen database website

Bagaimana Cara Akses cPanel?

Sekarang saatnya mengakses cPanel Hosting. Untuk mendapatkan akses ke cPanel Hosting, tentu saja kamu harus memiliki hosting terlebih dahulu. Kamu bisa order hosting terbaik berkualitas di Hostnic. ketika pertama kali order hosting pasti nantinya akan mendapatkan Informasi Account Hosting yang berisi nama server beserta akun cPanelnya. Silahkan tulis url cPanel di browser kemudian isi dengan username dan password. Misalnya https://namaserver.hostnic.id:2083/ atau bisa juga pakai nama domain. Misalnya namadomain.com/cpanel