Apa Itu DirectAdmin dan Bedanya Dengan CPanel?

Seperti yang sudah di jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang Mengenal Apa Itu Control Panel Hosting Untuk Website dan berkenalan dengan beberapa control panel populer seperti cPanel, Plesk dan DirectAdmin. Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai DirectAdmin, dari segi pengertian, fitur dan perbedaannya dengan control panel populer lainnya yaitu cPanel. 

Pengertian 

Dimulai dari pengertiannya sendiri, DirectAdmin adalah salah satu control panel web hosting populer yang bertugas untuk memudahkan dalam pengaturan serta pengelolaan situs website dan hosting menggunakan grafis, antarmuka (interface) berbasis web.

Fitur – Fitur 

DirectAdmin dilengkapi dengan fitur seperti manajemen DNS, pembuatan database, pembuatan manajemen, pembuatan backup, akun reseller, manajemen file hingga penyediaan statistik pengguna dan tool anti-spam. Direct Admin mendapat dukungan akses multi level, dari mulai Administrator, User, hingga Reseller. 

Perbedaannya dengan cPanel

Perbedaan pertama yang jelas terlihat adalah dari segi harga. Harga Control Panel cPanel lebih mahal ketimbang DirectAdmin. Namun hal ini setara dengan fitur yang didapat dimana cPanel memiliki fitur lebih lengkap.

Perbedaan kedua bisa dibilang tidak terlalu jauh. Hanya saja untuk beberapa hal seperti penggunaan dan pengalaman masih unggul cPanel sebagai control panel lama serta sudah dikenal dengan kemudahan penggunaanya. Dari segi tampilan pun keduanya hampir mirip. Namun untuk dukungan web server DirectAdmin lebih unggul dari cPanel dengan dilengkapi dengan dukungan web server seperti Apache, Nginx, Nginx Reverse Proxy, Litespeed dan OpenLitespeed. Sementara cPanel hanya memiliki dukungan dari Apache, Nginx dan Litespeed saja.

Dari segi operasi sistem, keduanya sama yaitu dengan menggunakan OS Linux.


Di tulis oleh: