Cara Mengonversi Dokumen ke Format PDF di Ubuntu Command Line

PDF atau Portable Document Format sebagian besar pilihan pertama ketika datang untuk mencetak, berbagi, dan mengirim email dokumen, terutama yang lebih besar. Untuk Windows dan macOS, Anda mungkin sangat akrab, dan juga bergantung pada, produk Acrobat yang banyak digunakan untuk pembuatan, melihat, dan mengedit pdf. Sayangnya, tidak ada default, khusus, pdf-creator yang tersedia di sistem Linux Anda. Namun, Anda dapat menggunakan produk LibreOffice untuk membuat file PDF di Ubuntu. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakan baris perintah Ubuntu, Terminal, untuk mengkonversi dan batch mengkonversi file .doc dan .docx ke versi pdf mereka.

LibreOffice Write adalah bagian dari paket LibreOffice dan sebagian besar tersedia secara default di sebagian besar distro Linux. Jika sistem Anda kurang, Anda dapat menginstalnya dengan mudah dari Ubuntu Software Manager:

Di sini, kami akan menggunakan CLI yang sama untuk mengkonversi dokumen kami ke pdf. Inilah cara Anda dapat menggunakan Lowriter. Buka baris perintah Ubuntu Anda, Terminal, baik melalui pencarian Launcher Aplikasi Ubuntu atau dengan menggunakan pintasan Ctrl + Alt + T.

Pastikan lowriter diinstal pada sistem Anda dengan menjalankan perintah berikut:

 

Gunakan sintaks perintah berikut untuk mengonversi satu file yang terletak di direktori Anda saat ini:

Untuk file .docx,

Inilah cara saya mengonversi file .docx ke pdf. terletak di folder Unduhan saya.

Seperti yang Anda lihat di atas, ketika saya mendaftar isi folder saya saat ini melalui perintah ls, saya bisa melihat file pdf yang baru dikonversi juga terdaftar. Gunakan sintaks perintah berikut untuk mengonversi semua file .doc atau .docx ke pdf, yang terletak di direktori Anda saat ini:

Baca Juga:  Mengaktifkan Spam Filter di Cpanel

For .docx files, use:

Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan CLI Penulis LibreOffice untuk mengonversi dokumen Anda dari .doc dan .docx ke pdf. Tidak diperlukan instalasi tambahan atau prosedur panjang dan Anda memiliki apa yang Anda butuhkan; konversi .doc / .docx ke pdf langsung melalui baris perintah Ubuntu.


Di tulis oleh: