Cara Mengaktifkan HTTP/2 di Web Server Apache

Hypertext Transfer Protocol Version 2 (HTTP/2) adalah versi terbaru dari protokol HTTP, diterbitkan sebagai standar IETF di RFC 7540 pada tahun 2015. Fokus protokol adalah pada kinerja; khususnya, latensi yang dirasakan pengguna akhir, penggunaan sumber daya jaringan dan server. Salah satu tujuan utama adalah untuk memungkinkan penggunaan koneksi tunggal dari browser ke situs Web.

Apache memiliki dukungan HTTP/2 sejak versi 2.4.17. Dalam tutorial ini, saya akan menganggap bahwa Anda sudah memiliki konfigurasi TLS/SSL yang sudah berfungsi.

Persyaratan

Untuk mengaktifkan HTTP/2 di Apache Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Pertama, Anda harus mengaktifkan HTTPS di server Anda. Semua browser utama memungkinkan penggunaan HTTP/2 hanya melalui HTTPS. Juga, versi protokol TLS> = 1.2 dengan suite sandi modern.
  • Selanjutnya, pastikan Anda menjalankan Apache 2.4.17 atau lebih baru karena HTTP/2 didukung dari versi ini dan yang lebih tinggi.
  • Juga, pastikan klien/browser Anda benar-benar mendukung HTTP/2.

Mengaktifkan HTTP/2 di Apache

Agar HTTP/2 berfungsi di Apache, Anda harus mengaktifkan dan memuat modul SSL dan HTTP/2. Untuk melakukannya, Anda dapat menjalankan yang berikut di terminal Anda:

sudo a2enmod ssl

Kemudian

sudo a2enmod http2

Untuk mengaktifkan modul-modul baru ini, Anda perlu menjalankan:

sudo systemctl restart apache2

Setelah mengaktifkan dan memuat modul Apache yang diperlukan, navigasikan ke direktori konfigurasi Apache Anda dan edit konfigurasi Apache.

Untuk mengaktifkan HTTP/2 di server web Apache. Anda tambahkan salah satu dari yang berikut ini ke konfigurasi Apache global Anda atau di dalam host virtual tertentu.

Protocols h2 http/1.1

Berikut ini adalah konfigurasi server virtual minimal yang dapat digunakan untuk mengaktifkan HTTP/2 di beberapa host virtual:

<VirtualHost *:443>
  ServerName example.com
  ServerAlias www.example.com
  DocumentRoot /var/www/public_html/example.com
  SSLEngine on
  SSLCertificateKeyFile /path/to/private.pem
  SSLCertificateFile /path/to/cert.pem
  SSLProtocol all -SSLv3 -TLSv1 -TLSv1.1
  Protocols h2 http/1.1
</VirtualHost>

Untuk memeriksa apakah server Anda mendukung HTTP/2, Anda dapat menggunakan alat pengembang browser Anda. Di bawah ini adalah tangkapan layar dari browser Google Chrome dan Apple Safari yang menampilkan HTTP/2.

Baca Juga:  Setting Konfigurasi Automatic Package Updates di CentOS 8

Chrome

HTTP/2 in Chrome Browser

Safari

HTTP/2 in Safari Browser


Di tulis oleh: