Cara Agar Terminal Selalu Sebagai User Root (sudo) di ubuntu

Kamu mungkin ingin menghindari mengetikkan kata sandi mu untuk banyak perintah yang memerlukan hak sudo, semua dalam satu sesi Terminal. Pendekatan teraman, dalam hal ini, menggunakan perintah sudo -i. Buka Terminal mu baik melalui pencarian Peluncur Aplikasi atau pintas Ctrl+Alt T. Kemudian ketik perintah yang disebutkan di atas sebagai berikut:

 

1. Jalankan perintah $ sudo -i

2. Setelah kamu memberikan kata sandi untuk sudo, sesi root mu akan dimulai. Kamu dapat memverifikasi kontrol mu dengan menggunakan perintah berikut: # id

3. Setelah Kamu selesai menjalankan semua perintah, keluar dari prompt root dengan mengetikkan perintah : #exit

Kamu sekarang akan keluar dari pengguna root dan terus tampil sebagai pengguna Ubuntu biasa.

Menjalankan Terminal selalu dalam mode Root (sudo)

Meskipun tidak aman, di sini saya akan menyajikan solusi yang memastikan bahwa Kamu sudah masuk sebagai root setiap kali Kamu membuka Terminal.

1. Jalankan Perintah

Tambahkan pada baris paling bawah.

Seperti inilah tampilan file saya dengan nama pengguna saya:

Simpan file dengan menggunakan pintasan Ctrl x.

Sekarang saatnya bekerja dengan pintasan keyboard. Saya pertama-tama akan menonaktifkan pintasan default yang membuka Terminal. Buka tampilan pintasan Keyboard dari Pengaturan sistem kamu. Kemudian, dari bagian Peluncur, klik pintasan Terminal Peluncuran.

Pada tampilan di atas, tekan Space + backspace untuk menonaktifkan pintasan ini. Sekarang buat pintasan baru dengan mengklik tanda’+’ di bagian bawah tampilan Pintasan Keyboard. Masukkan informasi berikut dalam tampilan Tambahkan Pintasan Khusus:

Nama: Terminal-root

Command: sudo gnome-terminal

Kemudian Atur pintasan sebagai ctrl Alt T. Klik tombol Add dan pintasan baru aktif. Sekarang kapan pun Kamu ingin meluncurkan Terminal sebagai root, gunakan pintasan Ctrl Alt T untuk meluncurkannya.

Baca Juga:  Cara Install SolusVM Slave KVM

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat bahwa saya menjalankan perintah pembaruan apt-get tanpa harus menentukan sudo dan kata sandinya.

 

 


Di tulis oleh: