Harga Domain .ID Termurah Hanya 199rb

Apa itu OpenIXP dan IIX

Banyak hosting provider website dan ISP di Indonesia mengeluarkan kata-kata tentang IIX dan OpenIXP. Apa itu OpenIXP dan IIX?

IIX atau OpenIXP terdiri dari beberapa ISP (Internet Service Provider) di seluruh Indonesia. Mereka saling “exchange” traffic antara satu sama lainnya. Sewaktu mereka exchange traffic ini, mereka tidak membayar satu sama lainnya, jadi makanya dibilang “free” traffic. Customer ISP A kalau mau menjenguk situs di ISP B, mereka tidak membayar apapun.

Singkatannya:
IIX = Indonesia Internet eXchange
OpenIXP = Open Internet eXchange Point

IIX dijalankan oleh organisasi bernama APJII dan OpenIXP dijalankan oleh perusahaan datacenter, IDC (Indonesia Data Center). Dan di Surabaya kali ini akan adanya ODIX yang dijalankan oleh Omadata DataCenter dengan singkatannya OmaData Internet eXchange.

Di Indonesia ini, Jaringan Internetnya tidak ketinggalan jaman lho. Pokoknya semua traffic ada di lokal Indonesia, internet pasti cepat. Akan tetapi kalau kita udah mulai menginjak/mengunjungi situs situs diluar Indonesia, bisa terjadi ada kelambatan di karenakan sudah tidak menggunakan Jalur IIX dan OpenIXP lagi.


Di tulis oleh: