Ubuntu 18.04 LTS Akan Mendapat Dukungan 10 Tahun

Dukungan jangka panjang (LTS) dari Ubuntu biasanya hanya sampai lima tahun. Kini berubah sekarang. Ubuntu 18.04 sekarang akan didukung selama sepuluh tahun. Rilis LTS lainnya mungkin juga mendapat dukungan tambahan.

Pendiri Ubuntu Mark Shuttleworth mengumumkan berita ini dalam sebuah keynote di OpenStack Summit di Berlin. “Saya senang mengumumkan bahwa Ubuntu 18.04 akan didukung selama 10 tahun penuh.”

Kita hidup di ‘dunia internet’. Perangkat pintar terhubung ke internet di mana saja dan ini tidak terbatas hanya pada ponsel cerdas. Mainan, kamera, TV, Lemari Es, Microwave, timbangan, bola lampu listrik dan apa yang tidak.

Baca Juga: Beli Domain .INFO Murah Hanya 69rb

Secara kolektif, mereka disebut Internet of Things (IoT) dan Ubuntu sangat fokus pada hal itu.

Pengumuman dukungan 10-tahun untuk Ubuntu 18.04 didorong oleh kebutuhan pasar IoT.

Di beberapa industri seperti layanan keuangan dan telekomunikasi, tetapi juga dari IoT di mana jalur manufaktur misalnya sedang dikerahkan yang akan diproduksi setidaknya selama satu dekade.

Ubuntu 16.04, dijadwalkan untuk mencapai akhir kehidupannya pada April 2021, juga akan diberikan rentang hidup dukungan yang lebih panjang.

Apa yang tidak jelas bagi saya saat ini adalah apakah dukungan diperpanjang bebas biaya dan jika itu, apakah itu akan tersedia untuk semua pengguna termasuk yang desktop.

Ubuntu memiliki opsi Extended Security Maintenance (ESM) untuk pelanggan korporasinya. Dengan ESM, pelanggan mendapatkan perbaikan keamanan untuk kernel dan paket-paket penting untuk beberapa tahun lagi bahkan setelah berakhirnya kehidupan rilis LTS tertentu.

Tentu saja, ESM adalah fitur berbayar dan ini adalah salah satu dari banyak cara Canonical, perusahaan di belakang Ubuntu, menghasilkan pendapatan.

Saat ini, tidak jelas apakah dukungan sepuluh tahun adalah untuk semua orang atau apakah itu akan menjadi layanan berbayar di bawah Pemeliharaan Keamanan yang Diperpanjang. Saya telah menghubungi Ubuntu untuk klarifikasi dan saya akan memperbarui artikel ini jika saya mendapatkan jawaban.

Setelah IBM membeli Red Hat seharga $ 34 miliar, orang mulai bertanya-tanya apakah Ubuntu akan dijual kepada pemain besar seperti Microsoft.

Shuttleworth telah mengklarifikasi bahwa dia tidak memiliki rencana menjual Ubuntu dalam waktu dekat. Namun, ia juga secara ambigu mengatakan bahwa ia mungkin mempertimbangkannya jika itu adalah tawaran raksasa dan jika ia akan tetap bertanggung jawab atas Canonical dan Ubuntu untuk mewujudkan visinya.


Di tulis oleh: