Naikkan Peringkat Website Dengan Let’s Encrypt SSL

Secure Socket Layer (SSL) adalah hal penting, apalagi jika untuk seorang blogger maupun web developer. Sebab, Google lebih memercayai website yang sudah diamankan menggunakan SSL sehingga website lebih mudah meraih peringkat tinggi di mesin pencari.

Let’s Encrypt SSL menawarkan sertifikat SSL dengan metode Domain Validated, yaitu yang bisa melakukan request hanya pemilik domain atau website tersebut dengan memberikan sebuah token yang unik dan kemudian membuat sebuah request DNS untuk mengambil key dari token yang diberikan.

Saat melakukan instalasi ada dua pilihan, http-01 dan dns-01. Http-01 adalah HTTP Validation yang melihat key pada file teks. Di sisi lain, dns-01 adalah DNS Validation yang melihat key pada DNS Records.

Kemudian, Let’s Encrypt akan memberikan token dan key, yang kemudian secara otomatis akan tersimpan di File Manager pemilik domain dengan path /public_html/.well-known/acme-challenge jika verifikasi tersebut valid, maka Let’s Encrypt dapat dipasang.

Mengingat protokol ACME (Automatic Certificate Management Environment) terdokumentasi dengan baik, Let’s Encrypt tak lagi melakukan kontrol atau review terhadap third-party client dan tidak bisa melakukan garansi mengenai keamanan atau ketersediaan mereka. Namun yang paling direkomendasikan adalah Certbot.

Baca Juga:  Apakah Cloud Akan Pindah ke Bawah Laut?

Di tulis oleh: