Mengenal Apa Itu Proxy? Pengertian dan Cara Kerjanya

Pengertian Proxy

Proxy server adalah sistem yang menjadi perantara atau menjembatani antara komputer dan jaringan Internet. Contohnya ketika sedang mengakses sebuah website, proxy akan melakukan permintaan serta menerima informasi dari website yang dituju ke perangkat yang digunakan untuk mengakses.

Server Proxy berperan sebagai jembatan hubungan antara perangkat dan internet. Tersedia berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi tergantung dengan kebutuhan maupun penggunaan.

Terdapat beberapa manfaat dalam penggunaan Server proxy seperti bisa menjaga pengguna dan jaringan internal semakin terlindungi, berfungsi sebagai web filter, menyediakan koneksi jaringan bersama dan data cache untuk mempercepat permintaan umum dan dapat memberikan privasi tingkat tinggi.

Baca Juga : Jenis IP Address dan Cara Kerja Alamat Internet Protocol (IP)

Cara Kerja Proxy Server

Pada setiap perangkat komputer harus memiliki Internet Protocol Address (IP) sebagai alamat jalan komputer. Saat mengirimkan permintaan seperti mengakses sebuah website, Permintaan itu akan masuk ke server kemudian akan membuat permintaan atas nama Anda, mengumpulkan respons dari server web lalu meneruskan data halaman web sampai Anda bisa melihat halaman website yang dituju tersebut.

Menggunakan Proxy terdapat beberapa manfaat seperti Mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak, Privacy terjaga, Menyimpan bandwidth dan meningkatkan kecepatan, Keamanan yang lebih baik. Proxy juga memungkinkan untuk dapat memblokir akses ke halaman website tertentu berdasarkan alamat IP. 

Baca Juga:  Lokasi Server Penyebar WannaCry Terdeteksi

Di tulis oleh: