Jenis IP Address dan Cara Kerja Alamat Internet Protocol (IP)

Tahukah Anda bahwa saat mengakses sebuah website, maka secara otomatis internet akan memberikan sebuah alamat pada perangkat. Nah, Alamat inilah yang sering kita sebut dengan Internet Protocol atau IP. 

IP bertugas untuk mengidentifikasi arah server kemana harus mengirimkan konten website yang dituju. Sehingga perangkat atau server mengetahui tujuan dari pengiriman sebuah informasi seperti data website, email, gambar dan lainnya untuk dikirimkan kembali ke perangkat yang digunakan. Setiap perangkat semua pasti memiliki alamat IP publik untuk mengakses secara online.

Selain alamat IP, device atau perangkat tidak akan bisa digunakan untuk aktivitas online apapun. Sehingga fungsi dan penggunaannya sangatlah penting terutama yang sehari-hari beraktifitas dengan menggunakan jaringan internet atau melakukan pekerjaan secara online lainnya.

IP Address ini memiliki 4 jenis yaitu IP publik, IP private, IP static, dan dynamic. Berikut adalah jenis – jenis ip beserta penjelasannya :

1. IP Address Public

IP Address Publik merupakan IP Address yang dimiliki oleh setiap perangkat yang terhubung pada jaringan internet. Namun, kepemilikannya diatur oleh vendor terkait yang menyediakannya seperti Internet Service Provider. 

2. IP Address Private

IP Address private merupakan IP Address yang digunakan oleh perangkat yang terhubung serta digunakan oleh jaringan berskala lokal (LAN). Dengan menggunakan IP Address ini memungkinkan Anda menggunakan satu alamat yang sama dengan syarat  tidak saling terhubung antara satu dan lainnya dalam jaringan lokal.

3. IP Address Statis

IP Address statis merupakan pemberian IP Address kepada perangkat yang terhubung kedalam jaringan komputer dengan cara manual. Pengguna diharuskan mengetahui pembagian kelas IP Address, Gateway, Subnet, dan DNS dalam sebuah jaringan.

4. IP Address Dinamis (Dynamic IP Address)

Sesuai dengan namanya, IP Address dinamis merupakan pemberian bersifat otomatis dalam jaringan public maupun private yang diberikan kepada perangkat dengan saling terhubung kedalam jaringan komputer secara otomatis dan akan selalu berubah – ubah setiap saat (Dinamis). 

Baca Juga:  5 Aplikasi Meeting Online Terbaik Untuk Meeting Jarak Jauh

Di tulis oleh: