Mengenal Apa itu FTP Server Serta Fungsinya

Apa itu FTP Server – Pada artikel Mengenal Apa itu Server dan Jenis – Jenis Server terdapat 4 jenis server yang di jelaskan beserta dengan pengertiannya. Salah satu jenis server yang disebutkan adalah FTP Server. Nah, pada artikel kali ini kita akan lebih mengenal tentang apa itu FTP Server beserta fungsinya. 

Pengertian 

FTP server (File Transfer Protocol) adalah server yang mendukung pertukaran data dalam server pada jaringan luas seperti internet. Semua aktivitas seperti  download dan upload yang Anda lakukan berkat adanya bantuan dari FTP.  FTP server menggunakan software seperti WU-FTPD, VSFTPD, FTPD, dan PROFTPD. 

Fungsi

Berikut adalah beberapa fungsi dari FTP server :

  1. Membantu Upload halaman website ke dalam web hosting/web server.
  2. Memudahkan setiap user untuk melakukan transfer data secara dua arah.
  3. Melakukan pertukaran data antar komputer dengan mudah meski datanya berukuran besar.
  4. Mengunduh dan melakukan upload konten.
  5. Dapat melakukan backup website dengan mudah.
  6. Transfer data yang reliabel dan efisien

Cara Kerja

User atau pengguna harus memasukkan username dan password untuk bisa mengakses data. Setelah itu, user bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memindah, menyalin, membuat, hingga menghapus data yang ada dalam direktori penyimpanan komputer. Namun sebelumnya, user dalam hal ini menggunakan FTP client terlebih dahulu melakukan permintaan koneksi pada FTP server. Setelah itu baru user bisa dengan bebas melakukan berbagai aktivitas seperti mengunduh atau mengunggah data dan lainnya.   

 

Baca Juga:  Keunggulan Plesk Hosting

Di tulis oleh: