Manfaat Menggunakan Proxy Server

Manfaat proxy server – Banyak yang menggunakan Proxy sudah tentu karena fungsi serta manfaatnya bagi kemudahan pengguna internet. Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang jenis-jenis proxy maka kali ini kita akan membahas Apa sih manfaat Proxy server?

Berikut beberapa manfaat Proxy yang menjadi alasan banyak digunakan oleh individu ataupun organisasi sampai perusahaan :

1. Mengontrol Penggunaan Internet

Proxy bisa menjadi alat untuk mengontrol penggunaan internet. Penggunaannya sangat baik untuk perusahaan yang ingin mengontrol aktivitas berselancar di dunia internet yang bisa mengganggu kinerja para karyawannya. Penggunaanya juga bisa memonitor serta me-log seluruh permintaan website, sehingga meskipun tidak memblok website-websitenya, perusahaan akan mengetahui berapa banyak waktu  para karyawannya yang menghabiskan waktu untuk membuka website tersebut.

Selain digunakan untuk mengontrol para karyawan perusahaan dalam menggunakan internet, Proxy juga baik digunakan oleh para orangtua yang ingin mengawasi anak-anaknya ketika sedang menggunakan akses internet.

2. Penyimpanan dan Kecepatan

Proxy bisa membuat akses internet menjadi lebih cepat. Kenapa? Karena Proxy dapat melakukan cache. Saat kamu hendak mengakses data dari website yang pernah dikunjungi sebelumnya, proxy hanya perlu mengakses dari penyimpanannya saja.

3. Privacy yang terjaga 

Dari beberapa jenis proxy memungkikan untuk menyembunyikan alamat IP atau malah mengubahnya, membuat pengguna yang menggunakan proxy untuk aktivitas browsing akan aman karena server website tidak dapat mengakses data pengguna. 

4. Akses ke resources yang diblokir

Website atau konten yang telah diblokir memungkinkan untuk dibuka atau diakses oleh pengguna menggunakan Server proxy. Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat beberapa website tertentu yang dilarang untuk dikunjungi namun server proxy menawarkan akses ke internet tanpa sensor kepada para penggunanya. 

Meski memiliki beberapa manfaat yang bisa membantu Anda, penggunaan proxy bukan tanpa resiko. Jika proxy tidak terenkripsi, bisa saja semua orang bisa mengakses semua data serta informasi seperti username, password, lokasi, bahkan informasi akun. Untuk itu, pastikan untuk menggunakan layanan proxy yang sudah terenkripsi untuk memastikan keamanannya.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Proxy? Pengertian dan Cara Kerjanya

Di tulis oleh: