Hal Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih VPS

Memilih VPS – VPS atau singkatan dari Virtual Private Server  Sebuah server pribadi dengan satu pengguna menggunakan resource mereka sepenuhnya dan tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola semua konfigurasi dan resource  yang tersedia di VPS dan melakukan apa pun yang mereka inginkan.

Teknologi yang digunakan oleh VPS adalah virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi resource yang berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini menggunakan  software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

VPS adalah Alternatif hosting bersama yang dapat digunakan untuk menyimpan dan bertindak sebagai server web. 

Ketika memakai VPS, pengguna lain tidakakan bisa mempengaruhi sumber daya yang kita gunakan. Ini sangat berguna, terutama saat lalu lintas situs web mulai meningkat. Shared hosting yang terbatas, jika Anda mendapatkan trafik melebihi batas yang ditentukan, maka situs tersebut akan kelebihan beban dan tidak dapat diakses.

Saat ini sudah banyak penyedia vps murah salah satunya adalah hostnic.id, hostnic.id menyediakan layanan sewa vps terpercaya yang dapat anda gunakan untuk membangun website anda yang handal.

Setiap server virtual yang dibuat akan menyediakan sistem operasi dan software secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. VPS biasanya digunakan untuk komputasi awan atau tujuan penggunaan lainnya.

Dalam Menentukan VPS yang Akan Digunakan Perhatikan Hal hal Berikut ini ? 

1. Backup

Banyak orang yang menggunakan layanan VPS dalam mengembangkan bisnisnya untuk menyimpan data klien nya. Namun banyak pula pebisnis yang tidak membackup data dengan benar.

Beberapa kasus menunjukkan kesalahan fatal, seperti konfigurasi yang salah dan kesalahan lain yang menyebabkan semua data hilang. Karena tidak ada cadangan yang disimpan sebelumnya, masalah ini bisa menjadi lebih serius.

2. HDD

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih vps untuk sistem atau website adalah hardsik yang digunakan. Saat ini, banyak penyedia VPS menggunakan SSD (solid state drive) untuk mendukung server khusus. 

SSD dapat membaca data lebih cepat dari SATA dan SAS. Selain itu, kapasitas yang ditawarkan juga harus diperhatikan. Jika ruang disk yang disewa rendah saat situs web atau sistem Anda membutuhkan banyak ruang disk, VPS yang Anda sewa mungkin dikenakan biaya oleh penyedia layanan Anda karena kemacetan.

3. Sistem Operasi

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah OS yang disajikan. Sebagian besar server menggunakan Linux untuk menjalankan VPS. Linux adalah sistem operasi yang populer dibandingkan dengan sistem operasi lain.

Namun, ada juga penyedia VPS yang menawarkan VPS murah dengan OS Windows. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah Anda ingin menggunakan Linux atau Windows.

4. Lokasi

Tidak semua penyedia VPS di Indonesia menempatkan servernya di sini. Sebagian besar penyedia layanan bahkan menggunakan server yang berlokasi di luar negeri. Lokasi mempengaruhi koneksi antara klien dan server. Meski seringkali tidak menjadi masalah, beberapa pengguna mempertimbangkan faktor ini untuk mengurangi delay saat mengirim data ke dan dari server.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih vps dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:  Remote Server : Pengertian dan Beberapa Contoh Aplikasinya

Di tulis oleh: