5 Rekomendasi Aplikasi Pendukung WFH (Work From Home)

Aplikasi Pendukung wfh – Seperti yang kita ketahui bahwa kondisi pandemi covid 19 di Indonesia belum juga usai. Hal ini membuat pemerintah pada akhirnya memutuskan untuk menyelenggarakan PSBB (Pembatasan sosial berskala Besar) demi mencegah penularan yang lebih masif. Maka, dengan berlakunya pembatasan ini masyarakat di haruskan untuk membatasi aktivitas terutama saat diluar rumah. 

Banyak sektor yang mendapat pengaruh cukup besar. Seperti sekolah yang harus dilakukan secara daring dan pekerjaan dilakukan secara jarak jauh dengan metode online atau lebih dikenal dengan WFH (Work From Home). 

Selain harus cepat beradaptasi dengan keadaan dan pola hidup baru, bekerja secara WFH pasti berbeda dengan bekerja di kantor seperti biasanya karena alur komunikasi yang mungkin saja tidak selancar saat di kantor. Tapi, tidak perlu khawatir. Kecanggihan teknologi saat ini menjamin kualitas dari pekerja meski secara online. 

Berikut rekomendasi Aplikasi Pendukung WFH yang bisa membantu Anda dalam menjalankan pekerjaan saat dirumah saja.

1. Zoom

Kepentingan bertemu atau meeting dengan klien biasanya akan diadakan secara tatap muka tapi, tentunya hal ini mustahil untuk dilakukan saat Anda dan perusahaan melangsungkan WFH. Maka solusinya adalah dengan menggunakan video conference. Salah satu aplikasi yang menyediakan fungsi video conference adalah Aplikasi Zoom.

Aplikasi ini sangat bagus untuk digunakan ketika hendak mengadakan meeting online baik bersama rekan kerja, atasan atau klien sekalipun. Dengan aplikasi Zoom, Anda dapat berbagi file dengan baik seperti audio, gambar maupun file teks selama zoom meeting berlangsung. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk mendukung produktivitas di saat WFH.

Baca Juga:  Template Admin Dashboard Gratis

2. Google Drive

Sudah sejak lama Google Drive dipercaya sebagai layanan untuk menyimpan dan membuat file dalam bentuk word, Pdf bahkan hingga file berbentuk video. Penggunaanya yang mudah mendukung setiap pekerjaan yang dilakukan. Melalui aplikasi ini, para pekerja bisa mengirim data dengan mudah untuk berbagi file antar sesama karyawan dengan hanya berbekal smartphone atau komputer yang terkoneksi sambungan internet.

Selain gratis, penggunaan Google Drive dinilai optimal karena menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Dengan berbagai manfaatnya, tentu saja aplikasi ini dapat menjadi penunjang utama para pekerja dalam menyimpan report atau data pekerjaan lainnya.

3. Slack

Ada banyak cara agar bisa terhubung dengan rekan – rekan kerja meski sedang WFH. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Slack. Aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk berkirim pesan yang tak ada bedanya dengan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, dan lain sebagainya. 

Disisi lain, kemudahan integrasinya yang bisa terkoneksi langsung dengan Dropbox, Google Docs dll semakin memudahkan dalam menjalankan Work From Home.

4. Microsoft Teams

Aplikasi yang bagus untuk WFH berikutnya berasal dari perusahaan raksasa Microsoft. Hampir mirip secara fungsi dari aplikasi sebelumnya, Aplikasi Microsoft Teams bertujuan untuk bisa membantu dan menjaga para karyawan tetap terhubung satu sama lain. 

Aplikasi ini dibekali dengan berbagai fitur unggulan seperti pesan instan, pengiriman dokumen, panggilan suara, panggilan video, dan masih banyak lagi. Menggunakan aplikasi ini tentu akan semakin memudahkan komunikasi antar karyawan disaat WFH.

5. Google Hangout Meet

Jika Anda sedang mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan siaran live streaming yang dapat menampung lebih banyak maka aplikasi ini sangat direkomendasikan. Aplikasi ini dinilai sangat cocok untuk mengakomodasi sebuah perusahaan dengan skala besar karena bisa menampung sekitar 250 orang dalam satu rapat.

Baca Juga:  Keunggulan Plesk Hosting

Fitur lainnya adalah dapat terhubung langsung dengan Google Calendar. Hal ini berguna untuk mengatur undangan rapat yang akan otomatis tersinkronisasi dengan jadwal rekan kerja lainnya.

Nah, itulah 5 rekomendasi Aplikasi Yang Cocok Untuk Work From Home. Semoga informasi ini bermanfaat!


Di tulis oleh: