5 Fungsi VPS (Virtual Private Server) Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelumnya kita sudah membahas tentang server VPS yang merupakan jawaban untuk website yang memiliki jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi. Ada beberapa alasan mengapa harus menggunakan server VPS. Sebenarnya bisa saja menggunakan server lain seperti shared hosting contohnya. Shared hosting banyak dipilih karena harganya yang lebih terjangkau, selain itu, hosting ini masih cukup baik bagi website – website yang tak memerlukan ruang besar. Bagi pemula menggunakan Shared Hosting sudah cukup untuk menunjang website yang memiliki jumlah pengunjung tak banyak.

5 Fungsi VPS  (Virtual Private Server) ini akan sangat berguna bagi Anda yang memerlukan VPS sebagai penunjang website dengan trafik tinggi. Berikut adalah fungsi-fungsinya :

1. Web Hosting Skala Menengah

VPS  (Virtual Private Server) sangat cocok untuk untuk level menengah serta website perusahaan, yang mana aplikasi membutuhkan konfigurasi yang spesifik dan hanya dapat dilakukan oleh Superuser. VPS juga cocok untuk Anda yang memulai bisnis web hosting dengan anggaran yang terbatas namun layanan dengan yang berkualitas. Harga VPS memang lebih terjangkau dibandingkan dengan Dedicated Server. Sehingga menggunakan VPS bisa menjadi solusi untuk Anda.

2. Backup Server

Backup server sangat penting agar layanan senantiasa berjalan dengan baik. Backup biasanya meliputi basis data, berkas, situs web dan surel. Setiap layanan berada dalam kondisi fisik serta logical terpisah untuk meminimalisir kerusakan atau kehilangan data.

3. File Hosting

Situs penyimpanan file online saat ini sudah cukup banyak dan memudahkan Anda untuk menyimpan serta mengakses berbagai file secara online. Dengan menggunakan layanan VPS dapat menjadi solusi bila Anda ingin menyimpan file berukuran besar yang bisa diakses pribadi maupun oleh pengunjung website. Ini merupakan salah satu keunggulan VPS yang tidak bisa Anda temui di layanan shared hosting karena biasanya disk space shared hosting hanya diperbolehkan untuk keperluan pembuatan website.

Jika Anda membutuhkan fitur penyimpanan file online seperti  layanan file sharing, penyimpanan backup, penyimpanan software atau penyimpanan file berukuran besar lainnya, Anda bisa menggunakan layanan VPS yang cocok untuk kebutuhan Anda. Anda bisa memilih Paket Layanan kami melalui halaman VPS Murah.

4. Server remote desktop

Dengan menggunakan VPS Anda dapat dengan mudah mengakses serta menggunakan komputer ataupun server secara remote. Kita memiliki hak akses penuh dimana kita dapat download dan upload file, menjalankan aplikasi dll. Intinya Anda memiliki kontrol penuh terhadap server tanpa batas. Anda bisa mengontrol server di manapun Anda berada.

5. Menjadikan VPS sebagai VPN

VPS bisa dimanfaatkan sebagai VPN atau Virtual Private Network. VPN adalah  jaringan yang terhubung melalui internet, tetapi hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu.

Fungsi VPS ini dapat digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan jaringan private bagi karyawannya saja. Perusahaan dapat menjadikan VPS yang dimilikinya  sebagai VPN untuk tujuan menyimpan data-data penting dan kebutuhan bertukar data secara aman selama dalam satu jaringan VPN saja.


Di tulis oleh: