Layanan CDN Untuk Percepat Loading Website

Content Delivery Network atau CDN adalah sebuah layanan yang menyediakan jaringan server di berbagai lokasi yang berfungsi mengirimkan konten statis yang di-cache dari website berdasarkan lokasi geografis pengguna. Jadi, Ketika ada user yang berasal dari Jerman sedangkan web server kalian berada di Indonesia maka server CDN yang paling dekat dari Jerman akan melayani user tersebut. Dengan begitu Latency dapat diminimalisir sehingga user yang jauh dari indonesia bisa mengakses website kamu jauh lebih cepat.

Biasanya, pemilik website akan menaruh layanan websitenya dalam satu lokasi, Dan Semua pengunjung website akan mengakses server yang sama. Hal tersebut membuat orang yang jauh dari lokasi server akan mengalami page load yang lebih lama karena timbul latency saat transfer data. Di sinilah CDN masuk, CDN akan menyimpan resource statis server kamu seperti CSS, JS dan gambar website. Nah, Ketika user yang jauh dari server asli kamu, Maka semua resource statis akan dilayani melalui server CDN.

Hal ini akan mengoptimasi website dan mengurangi beban pada server hosting kamu gunakan dan membuatnya lebih cepat dan tentunya lebih efisien resource server kamu. Konten statis tersebut dilayani melalui jaringan server yang berlokasi di lokasi geografis berbeda di seluruh dunia.

Baca Juga:  Kini Domain Anything.ID Tanpa Syarat

Di tulis oleh: