Cerita Hantu sampai Mitos Tentang Halloween

Cerita Hantu sampai Mitos Tentang Halloween, Tanggal 31 Oktober diperingati sebagai Hari Halloween. Pada hari tersebut, orang-orang biasanya mengenakan kostum menyeramkan sambil melakukan trick or treat, berpesta di tengah api unggun.


Selain itu, perayaan Halloween juga ditandai dengan ruangan yang penuh dengan dekorasi labu kuning yang sudah dibentuk seram. Bagaimana sebenarnya sejarah dan fakta tentang Halloween?

Malam Samhain

Perayaan Halloween diperkirakan sudah mulai muncul sejak 2.000 tahun lalu. Pada 1 November, bangsa Celtic akan merayakan tahun baru mereka yang disebut Samhain. Di malam sebelum Samhain, roh-roh dipercaya akan melintasi Bumi ketika mereka melakukan perjalanan ke akhirat.

Baik peri, iblis, maupun makhluk halus lainnya diyakini akan menuju ke akhirat di malam tersebut. Samhain sekarang ini dikenal dengan nama Halloween.

 

Baca Juga: Berdasarkan Penelitian Perayaan Halloween Menimbulkan Kematian

 

Tradisi Memakai Kostum

Selain mengorbankan hewan untuk para dewa dan berkumpul di sekitar api unggun saat Halloween, bangsa Celtic biasanya mengenakan kostum – terbuat dari kulit hewan – untuk membuat bingung para roh.

Menurut American Folkfore Centre, cara ini mungkin dilakukan untuk menghindari agar mereka tidak kerasukan.

Trick or Treat

Pada awal praktik trick or treat, bangsa Celtic yang telah mengenakan kostum akan berkeliling dari rumah ke rumah untuk bertukar makanan atau minuman.

Aktivitas tersebut menyimbolkan proses persembahan yang biasa dilakukan untuk makhluk gaib.

Halloween di Amerika

Imigran Eropa kemudian membawa Halloween dan perayaannya ke Amerika Serikat pada 1800-an. Kala itu, jumlah imigran Irlandia-Amerika meningkat pesat.

Anoka, Minnesota, mungkin menjadi rumah bagi perayaan Halloween tertua di AS. Bermula pada 1920, kota ini mulai menyelenggarakan parade dan pesta api unggun.

Legenda Hantu Halloween

Beberapa cerita hantu saat Halloween tidak pernah mati – meskipun hanya ada sedikit substansi di balik ketakutan yang ditimbulkan.

Salah satunya adalah kisah tentang pemuja setan yang mengharuskan kita mengorbankan kucing hitam saat Halloween.Permen yang dicemari dengan racun, jarum, atau silet juga menjadi ‘pelengkap’ Hallowen lainnya.


Di tulis oleh: