Cara Daftar Google My Businessmu

Apa yang muncul di hasil pencarian Google ketika orang-orang mengetikkan nama bisnis atau produkmu? Apakah sudah muncul informasi seperti gambar di bawah ini?

Informasi bisnis yang muncul di samping kanan hasil pencarian Google adalah fitur Google Bisnisku atau Google My Business untuk para pemilik bisnis. Google Bisnisku adalah fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Berikut adalah cara daftar Google Bisnisku:

Langkah 1. Buka Google Bisnisku, lalu klik Mulai Sekarang. Bisa klik link berikut https://www.google.com/intl/id_id/business/

Langkah 2. Tulis nama bisnis

Langkah 3. Isi lengkap alamat kantor, toko, atau restoran.

Langkah 4. Sesuaikan alamat kantor di Google Maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi alamat yang sudah ditulis.

Langkah 5. Tulis kategori bisnis yang sesuai dengan bisnismu. Misalnya, mengelola sebuah restoran makanan Padang di Jakarta maka pilihlah kategori “Restoran”. Kategori bisnis ini akan memudahkan Google untuk mengelompokkan bisnismu di hasil pencarian.

Langkah 6. Selanjutnya, isi no telepon atau HP yang khusus untuk menerima telepon dari pelanggan. Jika sudah memiliki website, kalian bisa menuliskan alamat website.

Langkah 7. Kalian bisa memilih untuk menerima newsletter dari Google atau tidak.

Langkah 8. Langkah terakhir ini adalah cara verifikasi Google Bisnisku. Verifikasi Google Bisnisku penting untuk melindungi bisnismu dari pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan informasi bisnis. Selain itu, bisnis yang telah diverifikasi dianggap bisnis dengan reputasi baik di mata pelanggan dibanding yang tidak.

Langkah 9. Proses pengiriman surat Google berbeda-beda tergantung lokasi. Setelah mendapatkan suratnya, Anda bisa melanjutkan proses verifikasi menggunakan kode verifikasi yang terdapat dalam surat.

Baca Juga:  Ketahui Kapan VPN Harus Digunakan

Langkah 10. Buka Google Bisnisku dan pilih menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Verifikasi Google Bisnisku selesai.


Di tulis oleh: