Apakah Malicious Software Berbahaya?

Sebagian orang beranggapan bahwa anti virus, digunakan untuk memproteksi komputer dari serangan virus. Sangat benar, tapi selain virus terdapat juga hal lain (perangkat lunak) yang sama bahayanya dengan virus, bahkan lebih berbahaya dari virus. Dalam dunia keamanan komputer, virus dikategorikan sebagai malware (malicious software) yang artinya perangkat lunak yang berbahaya. Selain virus, perangkat lunak yang juga termasuk dalam kategori malware adalah backdoor, spyware, dan lain-lain.

Backdoor
Backdoor jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka artinya adalah pintu belakang. Biasanya backdoor hadir bersamaan dengan aplikasi atau sistem yang kita instalkan. Tujuannya adalah agar si pelaku dapat mengakses ke dalam komputer dan menjalankan perintah pada komputer sesuai dengan yang dia inginkan. Tidak jarang bahkan backdoor ditemui pada produk-produk yang dijual oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti yang pernah dilaporkan ditemukan pada Windows OS, Sony/BMG CD, dan pada Samsung Android.

Spyware (spy software)
Spyware adalah jenis malware yang biasanya digunakan oleh pelaku kejahatan untuk memantau nama pengguna dan kata sandi, memantau informasi transaksi online, dan memantau aktivitas korban untuk dikirimkan kepada pelaku. Spyware pada umumnya melakukan hal demikian secara otomatis, tanpa sepengetahuan pengguna, namun tak jarang juga ada spyware yang dapat dikontrol oleh pelaku.

Baca Juga:  Front End Website Untuk Web Developer

Di tulis oleh: