Mengenal Apa Itu CMS Joomla dan Perbandingannya Dengan WordPress

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengenal macam-macam CMS beserta dengan pengertian singkatnya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang CMS Joomla dan perbedaannya dengan CMS lain seperti WordPress.

Joomla merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang menempati urutan ke 2 setelah WordPress sebagai CMS terpopuler dan paling banyak digunakan untuk saat ini. Ditulis dengan menggunakan bahasa program MySQL dan PHP untuk kebutuhan internet serta intranetnya, Joomla mengusung metode OOP (Object Oriented Programming) pada sistem perangkat lunaknya. Joomla juga menggunakan basis data seperti MS SQL, dan MySQL sehingga performanya menjadi sangat baik dan menarik.  

Kelebihan Joomla

CMS Joomla memiliki kelebihan sebagai berikut :

  1. Mudah edit konten
  2. Memiliki ribuan plugin
  3. Dwi-Bahasa
  4. Memiliki built SEO
  5. Pembaruan keamanan yang up to date

Perbandingan Joomla vs WordPress

1. Kemudahan Pengguna

Sebenarnya antara Joomla maupun wordpress memiliki tingkat kemudahan yang sama. Keduanya bisa di install dengan manual dan bisa juga di instalasi instan dengan menggunakan provider lain. Untuk pengguna baru yang masih awam pun tidak akan sulit untuk memahami tampilan dashboard keduanya yang sangat mudah dimengerti.

Perbedaan yang terdapat pada keduanya yaitu pada bagian post editor. Pada Joomla yang mengusung TinyMCE tampilannya mirip dengan Microsoft Office Word. Sedangkan pada WordPress dengan Gutenberg editor memiliki setiap elemen atau block pada post.     

2. Opsi Theme atau Template

Perbedaan kedua pada Cms Joomla dan WordPress yakni pada penamaan opsi tampilannya. Joomla menyebut opsi tampilannya dengan template, sementara WordPress menyebutnya dengan theme. Meskipun berbeda, fungsinya tetap sama yaitu untuk memberikan pilihan tampilan untuk para penggunannya. 

Perbedaan lainnya, pada Joomla hanya memiliki dua template bawaan saja. Hal ini cukup jauh berbeda dengan WordPress yang memiliki lebih dari tujuh ribu Themes gratis yang bisa digunakan oleh penggunanya.

3. Fitur 

Menambah fitur bisa dilakukan baik pada Joomla maupun WordPress. Para pengguna bisa menambahkan berbagai fitur untuk melengkapi website mereka. Jika pada wordpress, berbagai fitur itu disebut sebagai Plugin maka berbeda dengan Joomla yang menyebutnya sebagai extension. 

4. Keamanan

Ini mungkin menjadi salah satu faktor terpenting. Anda tidak perlu khawatir karena keduanya memiliki beragam fitur untuk support keamanan dengan baik. Pada Joomla ada fitur berupa otentifikasi dan Joomla extension gratis Sementara WordPress menawarkan plugin free yang bisa di install.

5. Search Engine Optimization

SEO atau Search Engine Optimization tentu sangat penting bagi sebuah website. Dengan tujuan agar bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencari. Pada Joomla maupun WordPress sudah memiliki fitur SEO dasar untuk memudahkan optimasi website. 

Nah, itulah pengenalan tentang CMS Joomla serta perbandingannya dengan WordPress. Terdapat kelebihan dan kekurangan pada keduanya namun baik Joomla maupun WordPress memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir sama. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga:  Keuntungan Layanan Cloudflare

Di tulis oleh: