Cara Transfer Files Linux Menggunakan Jaringan Peer-to-Peer

Orang sering perlu menyalin atau berbagi file melalui jaringan. Banyak dari kita yang terbiasa menggunakan alat seperti rsync atau scp untuk mentransfer file antar mesin. Dalam tutorial ini, kita akan mencoba alat lain yang dapat membantu Anda menyalin file antar host di jaringan – Dat Copy (dcp).

Dcp tidak memerlukan SSH untuk digunakan atau dikonfigurasi untuk menyalin file Anda. Selain itu tidak memerlukan konfigurasi apa pun untuk menyalin file Anda dengan aman.

Kasus Penggunaan Dcp

Dcp dapat digunakan dalam banyak skenario. Misalnya, Anda dapat dengan mudah mengirim file ke beberapa kolega hanya dengan memberikan mereka kunci yang dibuat. Anda juga dapat menyinkronkan data antara dua mesin tanpa perlu mengatur kunci SSH. Salin file ke mesin jarak jauh atau bagikan file antara Linux, MacOS, Windows.

Bagaimana Dcp Bekerja

Dcp membuat arsip dat untuk daftar file yang telah Anda tentukan untuk disalin. Kemudian, menggunakan kunci publik yang dihasilkan memungkinkan Anda untuk mengunduh file dari host lain. Data yang disalin dienkripsi menggunakan kunci publik untuk arsip dat.

Cara Install Dcp pada Linux Systems

Instalasi dcp dapat diselesaikan dengan manajer paket npm. Namun jika Anda tidak ingin menggunakan npm, Anda dapat mengunduh rilis terbaru paket dcp dari halaman rilis.

Untuk menginstal paket dengan npm, Anda harus menginstal NPM di sistem Linux Anda dan kemudian menggunakan perintah berikut untuk menginstalnya.

Jika Anda lebih suka menggunakan arsip zip, Anda dapat mengunduhnya dengan perintah wget.

Kemudian pindahkan dcp dan node-64.node biner ke jalur dengan pilihan Anda, lebih disukai jalur yang termasuk dalam variabel PATH Anda. Sebagai contoh /usr/local/bin/:

Baca Juga:  Cara Cloning Partisi Atau Hardisk di OS Linux

Cara Menggunakan Dcp pada Linux Systems

Penggunaan dcp sederhana dan seperti yang disebutkan sebelumnya tidak memerlukan konfigurasi tambahan. Cukup pilih file yang ingin Anda salin dan jalankan:

Kirim file dari host sumber:

Jalankan perintah di bawah ini pada host target.

Pada awalnya mungkin terlihat sedikit aneh, tetapi sebenarnya sangat mudah. Untuk tujuan tutorial ini, saya memiliki dua host – temcint_1 dan tecmint_2. Saya akan mengirim file bernama video.mp4 dari tecmint_1 ke tecmint_2.

Mengirim file dari tecmint_1:

Di akhir output, Anda akan melihat garis biru, yang akan menjadi dcp <generated public key>:

Send File to Remote Host

Send File to Remote Host

Anda kemudian dapat menggunakan perintah berikut untuk mendapatkan file dari host lain. Dalam contoh di bawah ini, saya akan mengunduh file dari tecmint_2:

Download File from Remote Host

Download File from Remote Host

Itu saja, file telah diunduh.

Dcp memiliki beberapa opsi tambahan yang dapat Anda jalankan dengan:

  • -r, --recursive – recursively copy directories.
  • -n, --dry-run – show what files would have been copied.
  • --skip-prompt – automatically download without a prompt.
  • -v, --verbose – verbose mode – prints extra debugging messages.
Kesimpulan

Dcp adalah alat yang sangat sederhana dan mudah digunakan, yang membantu Anda menyalin atau berbagi file antar host. Jika Anda menyukai proyek ini, Anda dapat meninjau lebih lanjut dcp git page.


Di tulis oleh: