Harga Domain .WEB.ID Termurah Hanya 10rb

Cara Install Linux RHEL 8

Red Hat Enterprise Linux 8 versi beta telah di rilis. Rilis baru RHEL didasarkan pada Fedora 28 dan kernel 4.18.

Download RHEL 8 ISO Image

Untuk menyiapkan media instalasi Anda, Anda perlu mengunduh image instalasi nya terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, Anda harus mendaftar untuk uji coba gratis di RedHat’s website.

Perhatikan bahwa kami tidak berhenti secara eksplisit tentang cara membuat media boot Anda karena ini adalah topik percakapan lain dan prosesnya mungkin berbeda, tergantung dari OS yang Anda gunakan. Namun, Anda dapat membakar ISO ke DVD atau menyiapkan drive USB yang dapat di-boot menggunakan ini 3 GUI-Enabled USB Image Writer Tools.

Instalasi RHEL 8

Jika Anda telah menjalankan instalasi Linux sebelumnya terutama CentOS atau Fedora, Anda akan sangat akrab dengan penginstal. Ketika layar pertama muncul, Anda dapat memilih untuk menguji media instalasi dan melanjutkan dengan instalasi atau langsung melanjutkan dengan instalasi.

RHEL 8 Install Boot Menu

Layar kedua meminta Anda memilih bahasa yang disukai:

RHEL 8 Language Selection

Selanjutnya muncul layar konfigurasi, yang memungkinkan Anda untuk memilih di antara opsi-opsi berikut:

  • Localization
  • Software
  • System
RHEL 8 Configuration Wizard

Dimulai dengan Pelokalan, Anda dapat mengkonfigurasi bahasa keyboard, dukungan bahasa dan tanggal dan zona waktu pada sistem Anda.

RHEl 8 Timezone Selection

Di bagian perangkat lunak Anda dapat memilih perangkat lunak apa yang akan diinstal, paket mana yang akan diinstal selama proses instalasi. Anda dapat memilih di antara beberapa opsi yang telah ditentukan:

  • Minimal install
  • Custom operating system
  • Server
  • Workstation

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pilih paket yang ingin Anda sertakan dengan menggunakan bagian kanan layar:

RHEL 8 Software Selection

Klik pada tombol “Done”. Lanjutkan dengan bagian “Sistem”. Di sana Anda akan dapat mempartisi drive Anda dan memilih tujuan pemasangan.

Untuk tujuan tutorial ini saya telah memilih opsi konfigurasi penyimpanan “otomatis”, tetapi jika Anda mengonfigurasi ini untuk server produksi, Anda harus mempartisi drive sesuai kebutuhan spesifik Anda.

RHEL 8 Installation Selection

Pada pilihan network, Anda dapat mengkonfigurasi nama host sistem dan NIC.

RHEL 8 Network Configuration

To adjust the network interface settings, click on the “Configure” button.

RHEL 8 Network Settings

Next under “Security” you can choose the security policy for your system. To help you with the choice, you can check additional information about RHEL 8 security in the RedHat portal.

RHEL 8 Security Policy

When you are ready, you can click done and begin the installation. During the installation process, you will be asked to configure the root user’s password.

RHEL 8 Root Password

When the installation process is ready, you will boot into your new RHEL 8 installation.

RHEL 8 Login

At this point you have completed the installation of RHEL 8 and you can start managing your system. Follow TecMint for more tutorials and howtos on RHEL 8.

Harga Domain .WEB.ID Termurah Hanya 10rb

Di tulis oleh: