Jenis Jenis Level Domain

Domain memiliki beberapa level, yaitu :

  1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), .mil (dotmilitary), .info (dotinfo), dll. Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).
  2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah hostnic.id maka hostnic adalah SLD dan .idnya adalah TLD.
  3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah hostnic.id, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum hostnic, yaitu mail.hostnic.id.
  4. Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc, dst.

Di tulis oleh: