Pengertian PHP dan Fungsinya 

Pengertian PHP

Terdapat banyak sekali bahasa pemrograman, salah satunya adalah PHP. Pengertian PHP sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dan banyak yang menggunakan. PHP atau singkatan dari Hypertext Pre-processor ini merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs website statis atau situs website yang dinamis dan aplikasi Web. PHP adalah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source.

Karena PHP adalah bahasa pemrograman server-side, maka script dari PHP nantinya akan diproses di server dan menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime.

Fungsi PHP

Fungsi dari PHP adalah mengembangkan situs website statis atau situs website yang dinamis dan aplikasi Web. Sebagai bahasa pemrograman yang umum, PHP dapat di disematkan ke dalam kode HTML atau bisa juga digunakan dalam kombinasi dengan berbagai sistem seperti template website, sistem manajemen konten serta kerangka kerja website.

Mengapa Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP 

Terdapat banyak alasan mengapa memilih PHP ketimbang dengan bahasa pemrograman lainnya. Saat ini, tak kurang dari 78% website di seluruh dunia menggunakan bahasa pemrograman PHP salah satunya adalah platform besar seperti Facebook.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa banyak yang memilih menggunakan PHP dan alasan kenapa PHP menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer :

  1. Bersifat open source dan gratis.
  2. Mudah dipelajari.
  3. Materi belajar yang melimpah dan mudah untuk ditemukan.
  4. Didukung oleh Sebagian besar server web hosting.
  5. Bisa dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain.
  6. Bisa digunakan di macam-macam operating system.
Baca Juga:  Cara install PHP di CentOS 8

Di tulis oleh: