Mengenal Apa itu Firebase Database? Dari Pengertian Serta Fungsinya

Apa itu Firebase Database?

Firebase adalah sebuah layanan milik Google yang berfungsi untuk membantu para developer dalam hal kemudahan hingga dapat memudahkan para developer aplikasi dalam mengembangkan aplikasinya.  Firebase alias BaaS (Backend as a Service) ialah solusi yang ditawarkan oleh Google dengan tujuan untuk mempercepat pekerjaan developer tanpa perlu memberikan effort besar pada urusan backend.

Mengenal Jenis dan Fitur Firebase Database

1. Firebase Analytics

Fitur ini memiliki fungsi untuk koleksi data serta reporting yang bervariatif untuk aplikasi Android maupun iOS. Dengan fitur Firebase Analytics dapat memberikan kemudahan bagi pengembang untuk membuat segmentasi pengguna berdasarkan fitur apa saja yang sering mereka pakai. Sebagai contoh, Anda bisa membuat sebuah laporan untuk pengguna aplikasi di suatu negara. Selain itu, Anda juga dapat melihat bagian mana saja dari sebuah aplikasi yang paling sering digunakan oleh user.

2. Firebase Cloud Messaging and Notifications

Firebase Cloud Messaging atau yang disingkat FCM ini menyediakan sebuah layanan koneksi yang tak hanya handal namun juga hemat baterai antar server maupun antar device. Anda bisa dengan bebas mengirimkan dan juga menerima pesan serta notifikasi di Android, iOS, dan web tanpa perlu keluar biaya. Selain itu, kemudahan berikutnya adalah pesan notifikasi telah terintegrasi dengan Google Analytics for Firebase. Membuat Anda punya akses pada interaksi serta tracking konversi secara lebih rinci.

3. Firebase Authentication

Dengan fitur Firebase Authentication dapat membantu pengembang aplikasi untuk mengautentifikasi pengguna lewat tampilan interfaces. Proses autentifikasi dapat mempermudah pengguna untuk masuk ke sebuah aplikasi yang telah terintegrasi dengan layanan penyedia identitas gabungan populer lain.

4. Firebase Cloud Firestore

Bagi Anda yang ingin mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa diakses secara offline, fitur ini sangat tepat untuk Anda gunakan. Memiliki database fleksibel dan terukur dapat memudahkan pengembang dalam membuat aplikasi yang bukan hanya powerfull, tapi responsif dan dapat bekerja tanpa koneksi internet. 

Baca Juga : Berkenalan Dengan Database Postgresql : Pengertian serta fiturnya 

5. Firebase Realtime Database

Firebase Realtime Database adalah sebuah database yang di-host melalui cloud sehingga pengembang dapat mengelola database dalam jumlah lebih besar. Data disimpan serta dieksekusi di dalam bentuk JSON lalu disinkronkan secara realtime ke setiap user yang terkoneksi jaringan internet.

6. Firebase Hosting 

Fungsi dari fitur Firebase hosting ialah untuk menayangkan konten dengan menggunakan koneksi yang aman, cepat serta dapat mendukung dalam hal pengimplementasian aplikasi web hingga menyajikan konten yang statis atau dinamis ke jaringan penayangan konten. Sehingga konten aplikasi dapat tayang dengan lebih cepat hanya dengan satu perintah saja.

Baca Juga:  Soal DC Tak Perlu di RI, Dalam Negeri Wajib Dilindungi

Di tulis oleh: