Mengapa Menggunakan Web Scraping?

Web scraping (panen web) adalah pengambilan sebuah dokumen semi-terstruktur dari internet, umumnya berupa halaman-halaman web dalam bahasa markup seperti HTML atau XHTML, dan menganalisis dokumen tersebut untuk diambil data tertentu dari halaman tersebut. Istilah gampangnya yaitu pengambilan konten atau sebagian data dari suatu situs web.

Web scraping mempunyai banyak kegunaan dan sangat membantu masalah pengambilan data. Salah satunya yaitu untuk konten artikel dimana isi kontenya langsung diambil dari situs lain misal konten dari wikipedia. Contohnya pada pesonainformatika.com misalkan kata kunci yang dicari tidak ditemukan, maka otomatis akan melakukan scraping dari situs wikipedia berdasarkan kata kunci atau keyword yang dicari. Contoh lain dari kegunaan web scraping yaitu untuk mengambil data2 dari suatu situs.

Ada banyak alasan kenapa saat ini sudah harus menggunakan web scraping untuk keperluan bisnis. Dengan perkembangan website yang semakin pesat saat ini dengan jumlah data yang banyak bahkan sudah sulit untuk dilakukan perhitungan. Bisa dibayangkan jika dilakukan secara manual? Akan membutuhkan waktu berapa lama?

Dengan adanya bantuan dari tools web scraping ini kebutuhan pengolahan data dan informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Salah satu contoh mudahnya adalah tools yang dimiliki oleh Google yang setiap waktu melakukan scraping website-website guna menentukan peringkat website dalam hasil pencarian Google.

Baca Juga:  Mencari Gadget Harga Murah di Acara Indocomtech 2018

Di tulis oleh: