Jenis – Jenis VPS yang Harus Anda Ketahui

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang Pengertian Virtual Private Server dimana pengertiannya adalah server yang memiliki teknologi virtualisasi untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual di hosting yang sama. 

VPS (Virtual Private Server) bersifat Private dan digunakan secara pribadi yang artinya seluruh resource digunakan oleh satu pengguna saja.

Terdapat jenis dan tipe VPS dengan kegunaan berbeda yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut adalah jenis – jenis VPS :

Open Vz

Open Vz menggunakan dan bekerja dengan sistem operasi pada shared kernel server (berbagi kernel). OpenVZ adalah teknologi virtualisasi tingkat OS untuk Linux sehingga bagi yang membutuhkan VPS OS lain lebih direkomendasikan untuk memilih VPS lain.  Jenis VPS paling banyak ditawarkan karena tingkat penggunaan resourcenya yang cukup rendah, namun karena hal ini membuat banyak layanan hosting provider menjualnya lebih dari batas seharusnya (overselling) dan dengan harga relatif mahal.

KVM (Kernel-based Virtual Machine)

KVM adalah virtualisasi VPS dalam level kernel. Sehingga bisa berinteraksi langsung dengan hardwarenya. Kelebihan inilah yang membuatnya lebih unggul dari OpenVZ yang berkomunikasi melalui sistem operasi selain mendukung bila ingin menginstall Windows, BSD atau Solaris.  KVM adalah pilihan terbaik jika Anda perlu virtualisasi yang penuh.

HVM (Hardware Virtual Machine)

HVM mirip dengan KVM yang merupakan tipe virtualisasi dalam tingkat kernel. HVM memberikan kebebasan penggunaan hardware secara penuh. Dari fiturnya, HVM cocok bila digunakan oleh website-website besar yang membutuhkan kemampuan server mumpuni. Maka tak heran jika jenis VPS ini merupakan teknologi ketiga terpopuler.

Baca Juga:  Manfaat Server VPS Untuk Website Perusahaan Besar

Microsoft Hyper V 

Jika Anda mencari tipe virtualisasi VPS yang cocok untuk sistem operasi windows maka Microsoft Hyper V adalah jawabannya. Microsoft Hyper V menghadirkan kemudahan dalam penggunaannya karena semua panel telah menggunakan GUI (Graphic User Interface). Namun, untuk bisa menggunakannya, Anda harus membeli lisensi windows terlebih dahulu. 

Nah, itulah jenis – jenis VPS yang harus Anda ketahui agar tak salah pilih. 


Di tulis oleh: