Certificate SSL Gratis vs Berbayar

Certificate SSL Gratis vs Berbayar

By:

Apakah Anda sudah memutuskan untuk menginstal Sertifikat SSL atau baru mulai mengetahui tentang SSL, Anda mungkin memperhatikan bahwa SSL datang dalam berbagai merek dan harga. Ada Sertifikat SSL gratis dan berbayar dan terkadang, perbedaan dalam biaya untuk membelinya mungkin tampak sangat mengejutkan bagi Anda.

Tingkat enkripsi SSL sama meskipun merek berbeda, yang harga nya murah atau yang mahal biasanya dikeluarkan dengan enkripsi sertifikat 256-bit dan enkripsi Key 2048-bit. Jadi mengapa Anda harus membeli Sertifikat SSL berbayar? Mari kita cari tahu.

Sertifikat SSL Gratis vs Berbayar

Industri SSL akan terus berkembang karena bisnis dan orang-orang yang menjelajahi internet sekarang lebih banyak dari sebelumnya. Website seperti Blogger, toko e-commerce, dan dompet elektronik – semua bisnis ini perlu dilindungi dan pengguna dari serangan cyber, ancaman, dan kerentanan. Sertifikat SSL berbayar telah disesuaikan dan didiversifikasi oleh Otoritas Sertifikat untuk memenuhi kebutuhan apa pun – dari situs web dasar hingga perusahaan dan bank.

Karena Google membuat HTTPS dan SSL SEO-friendly, Sertifikat SSL gratis mendapatkan popularitas yang luar biasa. Meskipun mereka hanya menawarkan Validasi Domain, masih ada harapan yang tinggi untuk proyek open source ini. Namun, sertifikat gratis datang dengan beberapa keterbatasan dan kekurangan.

Kelemahan memasang Sertifikat SSL Gratis

Sama seperti layanan hosting web gratis, sertifikat SSL gratis juga mempunyai batasan dan risiko tertentu:

  • Validasi Domain saja – karena sertifikat ini tanpa biaya dan dikeluarkan dalam beberapa menit, mereka terbatas hanya ada satu opsi validasi – Validasi Domain. Ini mungkin cukup untuk situs web atau blog kecil, tetapi itu bukan pilihan terbaik untuk situs web besar yang mengumpulkan informasi pribadi tentang penggunanya.
  • Tidak cocok untuk e-commerce – sertifikat gratis tidak disarankan untuk mengamankan kartu kredit dan informasi pribadi di situs web e-commerce. Untuk membuat pelanggan memercayai bisnis Anda, Anda memerlukan sertifikasi keaslian Anda, yang hanya disediakan oleh Validasi Bisnis.
  • Dapat merugikan kepercayaan pelanggan Anda – sebagai konsekuensi dari hal di atas, pelanggan Anda mungkin tidak mempercayai Anda hanya karena Anda tidak bersedia menggunakan Sertifikat SSL yang dikeluarkan oleh Otoritas Sertifikat yang memiliki reputasi baik. Kurangnya kepercayaan ini dapat mempengaruhi reputasi Anda secara signifikan, terutama dalam kasus CA yang bermasalah.
  • Masa berlaku terbatas – sertifikat gratis dikeluarkan untuk jangka waktu terbatas, biasanya 90 hari. Di sisi lain, Sertifikat SSL berbayar ditawarkan dalam jangka waktu 1 atau 2 tahun, sehingga Anda tidak perlu mengirim ulang dan memasang SSL begitu sering.
  • Dukungan pelanggan lambat – penerbit SSL gratis biasanya memberikan layanan pelanggan terbatas, sehingga masalah tidak diselesaikan tepat waktu.

Anda memiliki kebebasan untuk meningkatkan dari SSL Grtais ke Sertifikat SSL berbayar dan memanfaatkan berbagai keuntungannya kapan saja Anda mau.

Manfaat memilih Sertifikat SSL Berbayar:
Ada banyak alasan mengapa Anda harus memilih Sertifikat SSL berbayar. Namun, manfaat yang paling penting adalah:

  • Pengakuan – sertifikat yang dikeluarkan oleh Otoritas Sertifikat yang bereputasi baik membuat situs web tampak lebih andal bagi pelanggan. Dengan sertifikat berbayar, klien memiliki hak untuk melaporkan masalah apa pun ke CA, yang berkewajiban untuk segera menyelidikinya. Akibatnya, klien merasa lebih aman setelah dipastikan oleh CA tepercaya.
  • Banyak Pilihan berbeda – Sertifikat SSL berbayar memiliki tiga opsi validasi – Domain, Orgainasi, dan Extended Validasi (Green Bar). Ada juga jenis sertifikat yang berbeda berdasarkan kompleksitas situs web, Sertifikat Satu-Domain, Wildcard, dan Multi-Domain.
  • Masa berlaku yang panjang – saat ini, sertifikat berbayar dapat dikeluarkan untuk satu atau dua tahun. Ini berarti bisnis Anda akan berjalan lancar dan situs web Anda akan tetap aman untuk waktu yang lama tanpa mengkhawatirkan perpanjangan sertifikat.
  • Kompatibilitas server – sertifikat premium dapat digunakan pada layanan hosting apa pun serta server yang dikelola sendiri atau khusus, sehingga proses penyiapan bebas dari batasan apa pun.
  • Perlindungan Pengguna – ketika membeli sertifikat SSL, Anda biasanya mendapatkan jaminan yang merupakan asuransi yang mencakup kerusakan yang terjadi sebagai akibat dari peretasan atau pelanggaran data yang disebabkan oleh cacat pada sertifikat. Jumlah jaminan berkisar dari $ 5.000 hingga $ 1.500.000 yang berarti bahwa nilai yang lebih tinggi – semakin besar garansinya.

Meskipun sertifikat SSL gratis mungkin tampak sebagai solusi dan bebas biaya, namun dengan kekurangan tertentu. Di sisi lain, Sertifikat SSL berbayar lebih fleksibel dan menawarkan berbagai manfaat meskipun ada biayanya, dan menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk situs web apa pun.