Data Mining Dalam Kehidupan Sehari-hari

Data mining ternyata bisa diterapkan pada berbagai bidang kehidupan. Berikut contoh-contoh penerapan data mining yang perlu kalian ketahui.

  • Telekomunikasi
    Penerapan pengumpulan data dapat dilakukan di perusahaan telekomunikasi untuk melihat jutaan transaksi yang masuk. Sehingga dapat diketahui transaksi mana saja yang harus ditangani secara manual.
  • Keuangan
    Baru-baru ini, Finacial Crimes Enforcement Network yang berada di Amerika Serikat juga memakai data mining untuk mengumpulkan triliyunan berbagai subyek, seperti rekening bank, properti hingga transaksi keuangan lainnya. Tujuannya untuk mendeteksi transaksi keuangan yang mencurigakan.
  • Asuransi
    Penggunaan data tersebut juga diterapkan di perusahaan asuransi salah satunya oleh Australian Health Insurance Commision. Perusahaan tersebut memakai data mining untuk identifikasi layanan kesehatan yang sebetulnya tidak dibutukan namun tetap dilakukan peserta asuransi.
  • Olahraga
    Pengumpulan data juga diterapkan pada IBM Advanced Scout untuk analisis statistik permainan NBA. Sehingga dapat mencapai keunggulan dalam bersaing utuk tim Miami Heat dan New York Knicks.
Baca Juga:  Bule Australi di Bali, Di Pijat Kaget Ada Bekas Merah-Merah

Di tulis oleh: