Tips Optimasi Untuk Local SEO

Jadi sekarang kalian sudah tahu tentang apa itu SEO bisnis lokal, kalian mungkin akan bertanya-tanya bagaimana sebenarnya mencapai kesuksesan di dalamnya dan melakukan optimasi untuk SEO lokal? Pertama, di sarankan untuk membiasakan diri dengan tiga elemen inti dari peringkat pencarian lokal:

Kedekatan: Seberapa dekat bisnismu dengan pencari?
Relevansi: Seberapa relevan dengan permintaan pencarian produk dan layananmu?
Keunggulan: Apa yang dikatakan konsumen lain tentang produk dan layananmu?

Disini telah membahas beberapa hal penting yang dapat membantumu mencapai kesuksesan dalam SEO lokal; sekarang inilah gambaran umum dari semua layanan SEO lokal yang dapat membuat perbedaan:

Situs web ‘pelokalan’
‘Melokalkan’ situs web berarti memasukkan nama kota, daerah, atau wilayah secara alami di seluruh situsmu. Untuk bisnis dengan beberapa lokasi, ini bisa melibatkan pembuatan halaman atau Konten terpisah untuk masing-masing lokasi. Cara lain termasuk terlibat dengan acara komunitas lokal dan menampilkan artikel dan informasi tentang bisnismu di situs mereka.

Website harus mobile friendly
Orang-orang akan menggunakan perangkat ponsel mereka untuk mencari lokasi suatu bisnis (Google Map), jam operasional, melihat ulasan, dan lain-lain. Oleh karena itu, kalian harus memastikan bahwa website sudah mobile friendly. Selain berguna untuk meningkatkan user experience, mobile friendly juga menjadi salah satu faktor bagi Google ketika menentukan peringkat sebuah situs web.

Optimalkan Voice Search
Voice search merupakan fitur Google yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencarian di halaman Google melalui perintah suara. SEO Expert Brad menginformasikan bahwa sebanyak 58 % konsumen menggunakan penelusuran suara untuk menemukan informasi mengenai bisnis lokal. Selain itu 46 % pengguna Voice Search mencari bisnis lokal setiap harinya.

Buat akun Google My Business
Menggunakan Google My Business (GMB) merupakan salah satu cara yang harus di lakukan ketika melakukan proses optimasi untuk pencarian lokal. GMB gratis digunakan serta memungkinkan agar bisnismu dapat ditampilkan di halaman Google. Setelah membuat akun GMB dan mengisi semua informasi yang dibutuhkan di dalamnya, maka profil bisnismu akan muncul di hasil pencarian lokal dan Google Map.


Di tulis oleh: