Kecepatan Internet Indonesia Kalah dari Brunei & Kamboja

Monday, March 6, 2017

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh OpesnSignal menunjukkan Korea Selatan masih berstatus negara dengan akses internet tercepat di dunia dengan kecepatan unduh rata-rata hingga 37,5 Mbps.

Sementara Indonesia membuntut jauh di peringkat ke-8 dari bawah dari 87 negara dengan rata-rata kecepatan internet hanya 4,72 Mbps.

Penelitian ini juga memperlihatkan negara-negara di kawasan Asia Timur dan Eropa Utara masih dominan dalam hal kecepatan internet. Di bawah Korea Selatan, ada Norwegia, Hungaria, dan Singapura menempel ketat dengan kisaran kecepatan di 30-an Mbps.

Negara lain di kawasan Asia Tenggara masih jauh tertinggal dengan Singapura. Paling dekat adalah Brunei Darussalam yang memiliki kecepatan 9,95 Mbps, disusul oleh Malaysia yang 10 peringkat di bawahnya dengan kecepatan 7,86 Mbps.

Rekor Indonesia di kawasan ASEAN sendiri sama sekali tidak bisa dibanggakan. Filipina adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang peringkatnya di bawah Indonesia. Filipina berada di peringkat ke-86 dengan kecepatan akses 3,33 Mbps.

Indonesia kalah dari negara tetangga seperti Kamboja, Myanmar, dan Thailand. Infrastruktur jaringan internet yang yang belum merata diduga menjadi faktor yang membuat rekor Indonesia di penelitian kali ini begitu rendah.

Sementara Vietnam, Laos, dan Timor Leste tidak masuk ke dalam penelitian ini. 

"Sebagai contoh negara dengan jaringan LTE yang cepat tapi tidak merata akan menurunkan rata-rata keseluruhan sebuah negara dibanding yang punya kecepatan LTE biasa tapi lebih merata," tulis OpenSignal di laman resminya.

OpenSignal menggabungkan kecepatan dari jaringan LTE, 4G, dan 3G. Namun mereka juga menghitung rata-rata kecepatan global di tiap jaringan seperti 3G di angka 3,3 Mbps dan LTE di angka 17,4 Mbps.

Riset ini dilakukan dengan menghimpun data penelitian dari aplikasi mereka yang telah beredar di 87 negara terpilih. Data berasal dari jutaan ponsel cerdas dari 1 juta lebih pengguna yang telah mengunduh aplikasi OpenSignal selama periode 1 November 2016 sampai 31 Januari 2017.

Daftar kecepatan internet di Asia Tenggara:

  1. Singapura 30,05 Mbps
  2. Brunei 9,95 Mbps
  3. Malaysia 7,86 Mbps
  4. Thailand 6,09 Mbps
  5. Kamboja 5,67 Mbps
  6. Myanmar 4,81 Mbps
  7. Indonesia 4,72 Mbps
  8. Filipina 3,33 Mbps

« Back