Jakarta, - Pertarungan komputer super sudah merembet ke persaingan antarnegara. Pertarungan mengerucut antara Amerika Serikat versus Tiongkok. Tiongkok sendiri saat ini menempatkan komputer supernya di puncak komputer-komputer tercepat di dunia. Adalah Tianhe-2 yang sudah empat kali berturut-turut bercokol di puncak. Sedangkan Amerika Serikat, melalui Departemen Energi, telah mengumumkan akan menginvestasikan US$ 425 juta untuk meriset dan mendesain sepasang komputer yang lebih cepat dan lebih bertenaga dari yang ada di dunia saat ini.

 

Sepasang komputer super buatan AS itu adalah Sierra dan Summit. Mesin itu akan digunakan untuk mensimulasikan pengujian senjata nuklir dan keperluan sains lainnya. Sierra akan ditempatkan di Laboratorium Nasional Lawrence di California. Sementara Summit berada di Tennessee, tepatnya di Laboratorium Nasional Oak Ridge. Sierra akan beroperasi pada 100 petaflop, yang mana tiap-tiap flop akan bekerja secepat  satu quadriliun (1.000 triliun) per detik. Sedangkan Summit akan beroperasi pada 150 petaflop. Kecepatan ini antara lima sampai tujuh kali kecepatan komputer tercepat di dunia saat ini. 

 

Bagaimana dengan Tianhe-2? Komputer tercepat sedunia ini didesain pada 2013 dan mampu beroperasi pada 33,86 petaflop. Itu setara dengan 33.860 quadriliun kalkulasi per detik. Mesin ini berada di Universitas Nasional Teknologi Pertahanan di Changsha, Provinsi Hunan. Sistem operasi Tianhe-2 adalah Kylin Linux, versi Linux hasil desain sendiri. Saat ini komputer super tercepat kedua di dunia adalah Titan, yang didesain oleh Cray Corporation. Perangkat yang beroperasi pada 27 petaflop ini juga ditempatkan Laboratorium Nasional Oak Ridge.

 

"Seperti Titan, Summit akan punya arsitektur hibrid dan tiap node akan berisi lebih dari satu CPU IBM POWER9 dan pengolah gambar NVIDIA Volta, terkoneksi bersama-sama dengan NVLink berkecepatan tinggi dari NVIDIA,” begitu penjelasan Laboratorium Oak Ridge. Tiap node di Summit akan punya setengah terabita memori (jenis DDR4) plus RAM sebesar 800 GB. Pada kekuatan puncak, Summit akan mengkonsumsi listrik sebesar 10 MW, 11 persen lebih besar dari Titan. Summit diperkirakan tiba Oak Ridge pada 2017 dan online setahun kemudian dan siap digunakan banyak universitas dan fasilitas-fasilitas riset.



Tuesday, November 18, 2014







« Back