Jakarta, - Para investor situs web iklan baris OLX.co.id dan Berniaga.com, sepakat untuk mendirikan perusahaan patungan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Dalam kesepakatan ini, nama OLX akan dipertahankan, sementara Berniaga akan ditutup.

 

Pihak OLX mengatakan bahwa investor mereka, Naspers (dari Afrika Selatan), telah menjalin kesepakatan tersebut dengan 701 Search, yang merupakan gabungan antara perusahaan Schibsted (Norwegia), Telenor (Norwegia), dan Singapore Press Holdings (Singapura).

 

“Setelah joint venture ini, kita akan tetap menggunakan nama/merek OLX serta platform teknologi OLX, sementara situs, aplikasi, dan pengguna Berniaga akan dipindahkan ke platform OLX setelah semua proses persetujuan selesai dilakukan,” tulis OLX dalam sebuah pernyataan kepada CNN Indonesia, Jumat (14/11)

 

Setelah proses pembentukan perusahaan patungan ini selesai, menajemen dan tim OLX Indonesia akan melakukan konsolidasi bisnis. Namun, kedua belah pihak belum bisa memastikan kapan proses ini rampung karena menunggu persetujuan dari Komisi Eropa.

 

“Kami berharap akan selesai awal 2015,” tulis OLX.

 

OLX berharap, penyatuan perusahaan ini akan berdampak pada bisnis iklan baris di Indonesia, terutama akan menguntungkan penjual karena mendapatkan calon pembeli yang potensial.

 

Di Indonesia, Naspers akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam perusahaan patungan, sebesar 64 persen, sementara 701 Search sebesar 36 persen.

 

Selain Indonesia, Naspers dan 701 Search juga akan menjalankan bisnis iklan baris online bersama di Brasil, Thailand, dan Bangladesh.



Friday, November 14, 2014







« Back