Jakarta, -- Kecepatan internet Indonesia kini menempati peringkat 101 secara global dengan kecepatan rata rata 2,5 Mbps.

Berdasarkan data kuartal kedua tahun 2014 yang dikeluarkan oleh penyedia jaringan, Akamai, menunjukan bahwa kecepatan Indonesia berada di bawah negara lain yang berada di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand bahkan Vietnam yang menempati posisi 90 secara global.

Dalam skala Asia Pasifik, angka ini terpaut sangat jauh dari Korea Selatan, Hong Kong dan Jepang yang menempati posisi pertama, kedua dan ketiga.

Untuk skala global, Korea Selatan menjadi negara dengan kecepatan internet rata rata hingga 24,6 Mbps, hampir sepuluh kali lipat lebih cepat daripada Indonesia.

Namun bukan berarti kecepatan Indonesia menjadi yang paling lamban di Asia Pasifik. Ada beberapa negara lain yang berada di bawah Indonesia yaitu India dengan kecepatan rata rata 2,0 Mbps dan Filipina dengan 2,5 Mbps namun menempati peringkat 103 secara global.

Kecepatan Internet di Indonesia memang masih sangat jauh dibawah negara lain. Bahkan pada bulan April lalu, Household Download Index yang menyediakan layanan Speedtest.net mencatat bahwa koneksi internet Indonesia berada pada peringkat ketiga terlamban dalam skala ASEAN.



Tuesday, October 21, 2014







« Back