Dari sekian banyak fitur dan extras hosting yang ditawarkan penyedia jasa hosting di luar sana, dedicated IP address mungkin menjadi hal yang paling membuat galau pemilik website. Apakah perlu? Apa ada manfaatnya? Apakah IP address yang dedicated dibutuhkan untuk pemakai server dedicated?

Debat masih terus berlangsung hingga saat ini. Ada banyak masukan dari para ahli hingga ada yang membuat video khusus berdurasi panjang untuk menjelaskannya. Yang jelas, apakah kamu akan menggunakan dedicated IP address atau tidak adalah keputusanmu, tapi berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu pahami tentang IP address dan diharapkan bisa membantumu saat mengambil keputusan.

Apa itu IP Address?

Ini adalah bagian yang sama sekali terpisah dari nama domain atau URL situs. Alamat IP (Internet Protocol) adalah urutan nomor yang ditetapkan pada setiap perangkat yang terakses ke internet. Jika domain adalah alamat websitemu—lokasi di mana situsmu bisa ditemukan dalam internet—IP address komputer merupakan label unik yang memungkinkan internet, website, untuk mengidentifikasi perangkat spesifik ketika perangkat tersebut mengakses website.

Komputer dan perangkat mobile memiliki IP address unik masing-masing. Namun, untuk shared hosting di mana ratusan hingga ribuan situs tinggal pada server yang sama, setiap akun hosting yang terasosiasi dengan semua situs tersebut akan memiliki IP address yang sama.

Ini tidak akan menjadi masalah jika dikaitkan dengan masalah hosting atau faktor SEO (search engine optimization). Namun pada beberapa kasus, dedicated IP address bisa jadi sangat bermanfaat, dan pada kasus lainnya bahkan menjadi sangat penting.

Kapan Saatnya Dedicated IP Address Dibutuhkan?

Ketika hosting mulai berjalan, kamu akan menemui beberapa situasi di mana dedicated IP address akan bermanfaat atau bahkan menjadi sangat penting. Pertama, adalah ketika kamu merencanakan untuk menautkan sertifikat SSL (secure sockets layer) ke dalam situsmu.

Untuk SSL Certificates
Misalnya kamu sedang mengembangkan situs e-commerce. Jika kamu menyediakan metode pembayaran menggunakan kartu kredit kamu pasti akan meminta mereka memasukkan informasi kartu kredit serta informasi personal lainnya, dan kamu sebaiknya memberikan keamanan untuk melindungi segala informasi tersebut menggunakan SSL. Jika begitu kamu harus memiliki dedicated IP agar bisa memasukan SSL cerificate ke dalam situs. Penyedia layanan hosting biasanya akan mengenakan biaya tambahan baik untuk dedicated IP dan SSLcertificate, namun ada juga yang sudah mencakup biaya-biaya ini. Sebaiknya pastikan mengenai fitur ini.

Untuk High-volume Traffic
Apakah itu situs e-commerce atau bukan, jika websitemu ternyata kesehariannya memiliki traffic yang cukup tinggi maka sebaiknya kamu mempertimbangkan dedicated IP. Ini akan sangat membantu lebih meningkatkan atau minimal menjaga kecepatan waktu loading situs ketika jumlah visitornya padat, serta akan mengurangi tingkat ke-error-an situs saat traffic sedang sangat tinggi. Ini juga menjadi alasan yang sama untuk penggunaan dedicatedhosting. Alangkah baiknya digunakan untuk situs besar bertraffic tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Dedicated IP?

Untuk lebih memahami dedicated IP address, sebelumnya kita harus memahami dulu cara kerjanya.

IP address membuat jalur traffic internet menuju tempat yang tepat, fungsinya hampir mirip dengan kode pos. Layaknya kode pos, orang yang berbeda bisa berbagi IP yang sama.

  • Jika kamu memiliki akun shared hosting, kamu mungkin akan berbagi alamat IP dengan beberapa orang lainnya. Pada beberapa kasus, bahkan mungkin kamu berbagi dengan ratusan situs. Sebenarnya ini bukan masalah. Hosting memiliki software untuk memproses permintaan dari beberapa situs pada IP yang sama pada saat yang bersamaan, dengan tujuan untuk memastikan bahwa situs tersebut menampilkan konten yang tepat pada setiap visitornya, hanya saja membutuhkan waktu beberapa mili detik.
  • Sedangkan IP address yang dedicated secara khusus adalah milikmu. Kamu bisa menggunakannya untuk beberapa situs melalui IP tersebut, namun kontrol untuk penggunaannya sepenuhnya ada di tanganmu.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari dedicated IP address yang bisa kamu ketahui lebih lanjut

Keuntungan Utama dari Dedicated IP

Manfaat utama yang sangat jelas dari IP ini adalah kamu bisa mengontrol penuh dan melakukan banyak hal dengan servermu sendiri.

Kamu membutuhkan dedicated IP address untuk host sertifikat SSLmu, misalnya. Kamu juga bisa menonaktifkan FTP server dari IP address tersebut. Kamu bisa menjadikannya gaming server atau server berbasis IP lainnya (tentunya dengan ijin penyedia layanan). Meskipun tak banyak yang membutuhkan FTP server berbasis IP, manfaat dari IP ini sudah sangat jelas.

Dedicated IP address memang dianjurkan, namun jika kamu tidak menggunakannya juga tidak masalah. Semua hanyalah masalah preferensi masing-masing.



Monday, June 27, 2016







« Back