Definisi Atau Pengertian Web Hosting

Web Hosting merupakan penggabungan dari kata web dan hosting, dan apabila diartikan satu persatu maka web merupakan sebuah halaman situs yang bisa diakses dengan menggunakan sebuah aplikasi browser, hosting merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan halaman - halaman web tersebut, dimana dalam penyimpanannya, halaman - halaman web akan diletakan dalam sebuah komputer web server yang terhubung ke internet dalam bentuk file - file data. server - server yang digunakan untuk menyimpan data web biasanya dikelola oleh sebuah perusahaan yang khusus menangani penyewaan web hosting. dan web hosting sendiri merupakan salah satu bentuk penerapan dari bisnis online. Perusahaan penyedia layanan webhosting biasanya disebut dengan webhost.

Di Indonesia sendiri telah banyak sekali penyedia layanan webhosting salah satunya Indonetmedia Webhosting dengan berbagai keunggulan dan penawaran fitur - fitur yang berbeda antara satu dengan yang lain, dan yang membedakan antara perusahaan yang satu dengan yang lain adalah dari segi layanan seperti besarnya kapasitas ruang penyimpanan, konektifitas serta data transfer dalam penawaran paket - paket hosting yang mereka sediakan.

Jenis Atau Macam - Macam Server Hosting :

1. Share Hosting

Share Hosting merupakan sebuah server hosting yang dapat digunakan secara bersama - sama atau disebut juga di sharing, di dalam server ini biasanya terdapat beberapa nama domain dengan kepemilikan yang berbeda - beda pula, yang membedakan dari penggunaan server ini adalah account penggunanya yang memiliki username dan password yang berbeda, biaya untuk menyewa server hosting ini sangatlah murah dibandingan dengan jenis server yang lainya, jadi untuk kamu yang masih pemula sangatlah cocok untuk menyewa server hosting yang satu ini.

2. Virtual Private Server ( VPS )

VPS biasanya disebut juga dengan nama Virtual Dedicated Server yang merupakan sebuah server yang dibagi - bagi menjadi sebuah virtual mesin, jadi dalam satu komputer server terdapat beberapa sistem operasi server, tentunya secara kepemilikan antara sistem operasi satu dengan yang lainnya berbeda. untuk menyewa server hosting jenis ini lebih mahal dari pada sobat menyewa share hosting, tetapi dari segi kualitas layanan keleluasaan penggunaanya lebih baik dibandingkan dengan shere hosting.

3. Dedicated Server

Server yang satu ini biasanya digunakan untuk penyimpanan aplikasi yang lebih besar dari pada Share Hosting maupun VPS, jadi pengguna menyewa secara keseluruhan dari komputer server yang disediakan oleh webhost.  keleluasaan dalam menggunakan komputer server ini lebih penuh, baik dari segi hardware maupun software.

4. Colocation Server

Colocation Server merupakan penyewaan ruang untuk menyimpan sebuah server, jadi apabila kamu memiliki server sendiri dan ingin mengonlinekan servernya maka kamu dapat menyewa Colocation Server untuk mendukung usaha kamu.

Dari ulasan di atas, saya yakin kamu sudah mengetahui gambaran mengenai server hosting, dan apabila kamu berniat untuk bisnis server hosting, persiapkan dulu dana yang lumayan banyak,, tapi untuk pemula ada alternatif lain yaitu dengan menjadi reseller hosting. dan bagi kamu yang berniat untuk menyewa server hosting tips berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

Tips Memilih Penyedia Jasa Web Hosting

Dengan banyaknya pilihan yang ada di Internet terkadang kita bingung untuk memilih penyedia jasa layanan Web Hosting yang ada. untuk itu kali ini saya akan membagikan tips untuk sobat dalam memilih jasa layanan Web Hosting agar tidak terjadi kesalahan yang nantinya dapat melenyapkan file - file yang sudah kamu simpan, karena kamu memilih jasa penyedia Hosting yang tidak profesional.

1. Kebutuhan Space dan Bandwidth

Banyaknya jumlah file baik itu yang berupa text, gambar, video ataupun audio yang nantinya akan kamu simpan pada server hosting menjadi pertimbangan tertentu dalam hal memilih paket hosting yang disediakan, terutama dari segi space Hardisk. tidak hanya itu, jumlah kunjungan ke situs web kamu juga menjadi pertimbangan untuk memilih seberapa besar bandwith yang disediakan pada paket hosting yang kamu pilih. dan apabila pengunjung situs sudah terlampau banyak, alangkah baiknya apabila  memilih paket hosting yang menyediakan bandwith "Unlimited".

2. Fasilitas dan Layanan

Dari setiap penyedia hosting yang ada tentunya akan menawarkan fasilitas dan layanan yang berbeda - beda pula. Akan tetapi secara garis besarnya sama, bisanya yang membedakan antara satu dengan yang lainya adalah ketersediaan software - software yang ada di hosting. Salah satu contohnya Softaculous atau Fantastico Delux yang berguna untuk menginstall CMS seperti Drupal, Wordpress, Joomla dan lain sebagainya. Dari segi layananpun sangat beragam, jadi usahakan memilih penyedia hosting yang memberikan support penuh agar dapat membantu kamu apabila mengalami masalah dengan website yang dikelola.

3. Penargetan Visitor Website

Untuk tips ini sangat berguna untuk penghematan bandwith yang nantinya digunakan. Apabila situs didesign untuk pengunjung dari Indonesia atau pengunjung lokal, pilihlah server lokal ( Server IIX ), dan apabila target pengunjung adalah dari luar negeri pilihlah Server US atau Server Amerika. Akan tetapi tips ini tidak mutlak harus dilakukan.

4. Menentukan Harga

Dalam menyewa webhosting tentunya hal yang satu ini juga menjadi pertimbangan untuk keberlangsungan situs yang dibuat. Apabila kamu mendaftar hosting yang nantinya digunakan sebagai tempat menyimpan situs - situs pribadi, pilihlah paket hosting yang terjangkau. Akan tetapi apabila untuk situs - situs sebuah perusahaan atau instansi, sesuaikan juga dengan dana yang ada. Karena harga juga berpengaruh dengan fasilitas dan layanan yang diberikan oleh penyedia Hosting.

Biasanya pihak penyedia paket Hosting memberikan tawaran untuk pembiayaan dari masing - masing paket yang disediakan. Bisa dilakukan tiap bulan atau bisa juga tiap tahun, semua itu tergantung kesepakatan atau kontrak yang dilakukan.

Cara Menyewa Web Hosting

1. Pendaftaran Domain

Apabila kamu berniat menyewa sebuah web hosting tentunya hal pertama yang perlu dimiliki adalah nama domain, agar nanti bisa disetting dan terkoneksi dengan hosting yang kamu sewa. Beberapa nama domain dapat kamu dapatkan secara gratis dan ada juga yang berbayar, tentu apabila kamu mempunyai domain berbayar, kamu tidak perlu kawatir kalau nama domain akan dihapus. Apabila menggunakan domain gratis peluang nantinya terhapus tiba - tiba pastinya ada, dan itu merupakan sebuah resiko yang harus ditanggung. untuk mendapatkan domain berbayar bisa membeli sendiri ke perusahaan penyedia jasa registrar domain atau bisa juga membelinya langsung pada penyedia Hosting, karena biasanya penyedia hosting juga menerima jasa pendaftaran domain.

2. Pemilihan Paket Hosting

Setelah sobat mempunyai nama domain, sekarang waktunya kamu untuk menentukan paket hosting yang ditawarkan oleh penyedia hosting. kamu dapat mengecek satu per satu kemampuan paket - paket hosting yang ada dengan mencari perbandingan baik yang berada di Indonesia maupun di luar negeri. Apabila memilih penyedia paket hosting luar negeri, biasanya pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau via Paypal. tetapi untuk penyedia layanan hosting di Indonesia selain menggunakan metode pembayaran diatas juga akan dipermudah dengan cara transfer melalui bank.

3. Cek Ketersediaan Domain

Pada point ini khusus untuk yang baru membuat sebuah situs website, dan apabila sudah mempunyai domain, kamu tinggal masukan ke kolom domain name. Kemudian arahkan setingan name server ke alamat server hosting yang akan disewa. Untuk yang baru mempunyai situs web, nama domain yang didaftarkan belum tentu tersedia, hal ini bisa terjadi karena nama domain sudah dimiliki oleh orang lain, jadi pada point ini kamu harus mengecek dulu ketersediaan nama domain yang akan didaftarkan.

4. Verifikasi

Setelah paket hosting dan nama domain sudah dimasukan ke "keranjang belanja", pihak penyedia hosting akan memverifikasi permintaan pesanan, kemudian akan muncul tagihan yang harus dibayar. bisa dengan metode transfer bank atau melalui Paypal

5. Pembayaran

Pada point ini kamu bisa lakukan dengan cara membayar melalui bank atau paypal seperti yang telah dibahas pada point sebelumnya, kemudian setelah kamu melakukan pembayaran, kirim pemberitahuan dengan melampirkan bukti pembayaran.

6. Verifikasi Pembayaran

Setelah point diatas selesai maka pihak penyedia Web Hosting akan menikdaklanjuti pendaftaran, kemudian mengaktifkan nama  domain serta paket hosting yang sudah dipesan.

7. Pengiriman Account

Setelah nama domain dan paket hosting aktif, kamu akan menerima email yang berisi user dan password yang digunakan untuk mengelola domain serta hosting yang kamu pesan. Pada point ini proses pendaftaran web hosting sudah selesai dilakukan, sekarang tinggal mendevelop situs yang kamu buat.

Itulah ulasan mengenai pengertian web hosting dan cara menyewa server hosting terbaik, dan apabila kamu ingin penyedia hosting yang murah dengan kualitas serta pelayanan yang maksimal kamu bisa memesan di link indonetmedia.co.id. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua. (haisyam7)

 



Saturday, June 25, 2016







« Back