Domain Internet tingkat atas (top level domain/TLD) .com (dot com) dan .net (dot net) masih menjadi incaran para pengguna Internet, di mana jumlah pendaftaran keduanya secara global telah mencapai 135,2 juta nama pada kuartal ketiga 2015.

Menurut catatan perusahaan VeriSign yang mengatur domain TLD populer di dunia, per 30 September 2015, jumlah pendaftaran domain .com telah mencapai 120,1 juta nama, sedangan .net mencapai 15,1 juta nama. Pada kuartal ketiga tahun lalu, VeriSign memproses 9,2 juta pendaftaran nama domain baru .com dan .net, atau tumbuh dari 8,7 juta nama domain yang terdaftar pada periode yang sama tahun 2014.

Nama .com merupakan singkatan dari “commercial”, yang berarti ditujukan untuk organisasi komersial. Sementara nama .net berasal dari “network”, menunjukkan itu diperuntukkan kepada organisasi yang terlibat dalam teknologi jaringan seperti penyedia jasa Internet atau perusahaan infrastruktur telekomunikasi. Namun, pembatasan pemakaian domain .com dan .net ini tidak pernah ditegakkan sehingga registrasinya dibuka dan bebas dipakai siapapun. Selain .com dan .net, VeriSign juga mengatur domain dengan akhiran .name, .tv, .gov, .edu, dan lainnya.

Jumlah nama domain di Internet telah bertambah sekitar 3,1 juta selama kuartal ketiga 2015, dengan total nama domain yang terdaftar mencapai 299 juta dari seluruh TLD. Peningkatan sekitar 3,1 juta secara global itu menandai pertumbuhan 1,1 persen dibanding kuartal kedua 2015. Sementara dari tahun ke tahun pertumbuhan domain TLD global tercatat 14,8 juta atau sekitar 5,2 persen.



Tuesday, January 5, 2016







« Back

Powered by WHMCompleteSolution