Cara Cloning Partisi Atau Hardisk di OS Linux

Ada banyak alasan mengapa Anda ingin mengkloning partisi Linux atau bahkan hard drive, yang sebagian besar terkait dengan membuat cadangan data Anda. Ada beberapa cara yang dapat di lakukan khusunya pada OS Linux seperti menggunakan partimage atau Clonezilla.

Namun dalam tutorial ini kita akan meninjau kloning disk Linux dengan alat yang disebut dd, yang paling umum digunakan untuk mengkonversi atau menyalin file dan sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar distribusi Linux.

Cara Cloning Partisi Linux

Dengan perintah dd Anda dapat menyalin seluruh hard drive atau hanya partisi Linux. Mari kita mulai dengan mengkloning salah satu partisi kita. Dalam kasus saya, saya memiliki drive berikut: /dev/sdb, /dev/sdc.. yang akan di clone dari /dev/sdb1/ ke /dev/sdc1.

Pertama-tama daftarkan partisi ini menggunakan perintah fdisk seperti yang ditunjukkan.

# fdisk -l /dev/sdb1/ /dev/sdc1

List Linux Partitions

List Linux Partitions

Sekarang clone partisi /dev/sdb1/ ke /dev/sdc1 menggunakan dd command.

# dd if=/dev/sdb1  of=/dev/sdc1 

The above command tells dd to use /dev/sdb1 as input file and write it to output file /dev/sdc1.

Clone Linux Partition with dd Command

Clone Linux Partition with dd Command

Setelah cloning Linux partition, anda dapat mengecek kedua partitions dengan:

# fdisk -l /dev/sdb1 /dev/sdc1

Verify Linux Partition Cloning

Verify Linux Partition Cloning

Cara Cloning Linux Hard Drive

Mengkloning hard drive Linux mirip dengan mengkloning partisi. Namun, alih-alih menentukan partisi, Anda hanya menggunakan seluruh drive. Perhatikan bahwa dalam hal ini disarankan agar hard drive memiliki ukuran yang sama (atau lebih besar) daripada drive sumber.

# dd if=/dev/sdb of=/dev/sdc

Clone Hard Drive in Linux

Clone Hard Drive in Linux

This should have copied the drive /dev/sdb with its partitions on the target hard drive /dev/sdc. You can verify the changes by listing both drives with fdisk command.

# fdisk -l /dev/sdb /dev/sdc

Verify Linux Hard Drive Cloning

Verify Linux Hard Drive Cloning

Cara Backup MBR di Linux

dd command juga dapat digunakan untuk membuat cadangan MBR, yang terletak di sektor pertama perangkat, sebelum partisi pertama. Jadi jika Anda ingin membuat cadangan MBR Anda, jalankan saja:

# dd if=/dev/sda of=/backup/mbr.img bs=512 count=1

The above command tells dd to copy /dev/sda to /backup/mbr.img with step of 512 bytes and the count option tells to copy only 1 block. In other words you tell dd to copy the first 512 bytes from /dev/sda to the file you have provided.

Backup MBR in Linux

Backup MBR in Linux

Itu dial! dd command adalah alat Linux yang ampuh yang harus digunakan dengan hati-hati saat menyalin atau mengkloning partisi atau drive Linux.


Di tulis oleh: