Tips Cara Memilih Nama Domain

Memilih sebuah nama domain sebenarnya sama dengan memilih nama untuk perusahaan atau bisnis Anda. Anda membutuhkan waktu dan banyak pemikiran dalam memilih nama tersebut. Domain Anda akan menjadi identitas Anda di internet sehingga Anda sebaiknya memastikan bahwa nama yang Anda pilih sesuai dengan bisnis Anda dan mudah untuk ditemukan dan dipromosikan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk menemukan nama domain yang tepat dan sempurna untuk website baru Anda!

1. Gunakan nama domain yang kreatif dan brandable

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nama domain Anda akan menjadi identitas Anda di dunia online. Oleh karena itu sebisa mungkin gunakan nama yang kreatif dan brandable agar Anda bisa melakukan branding dengan mudah. Domain Anda akan menjadi nama yang dicari, diingat, dan disebarkan oleh customer dan pengunjung website Anda.

Lalu apa yang dimaksud dengan brandable?

Nama domain brandable adalah nama yang unik dan menonjol dibanding competitor lainnya. Tentunya dengan nama yang unik, Anda akan diingat oleh banyak orang. Lalu bagaimana cara menemukan nama yang brandable?

  • Buat kata baru. Anda bisa membuat kata baru yang terdengar catchy untuk menarik perhatian. Google dan Yahoo adalah dua perusahaan besar yang melakukan ini.
  • Gunakan kata-kata menarik yang sudah ada. Anda bisa mencari kata-kata yang mungkin jarang digunakan sehari-hari tapi sesuai dengan bisnis Anda.
  • Gunakan generator nama domain. Sekarang di internet sudah banyak generator yang bisa Anda gunakan untuk mencari nama domain hanya dengan memasukkan kata-kata yang Anda rasa cocok untuk nama domain Anda.

2. Pastikan bahwa domain Anda mudah diketik

Menemukan nama domain yang mudah diingat dan mudah diketik akan membantu Anda mencapai sukses online. Jika Anda menggunakan ejaan-ejaan gaul atau kata-kata yang memiliki beberapa ejaan akan membuatnya susah diingat.

3. Gunakan nama domain yang pendek

Jika nama domain Anda panjang dan ribet, ada kemungkinan customer Anda tidak dapat mengingat domain Anda. Atau mereka juga mungkin bisa saja salah mengeja atau mengetik alamat domain Anda. Jika Anda menggunakan domain yang pendek tentunya kecil kemungkinan hal-hal seperti ini terjadi. Disarankan dalam memilih nama domain Anda, nama domain Anda tidak lebih dari 17 karakter.

4. Gunakan keyword yang berhubungan dengan keperluan website Anda

Jika domain ini untuk website bisnis, coba masukkan keyword yang berhubungan dengan bisnis dan servis Anda di nama domain Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis laundry, masukkan keyword laundry di domain. Menggunakan keyword pada domain dapat membantu SEO website bisnis Anda agar muncul di halaman pertama hasil pencarian. Dengan begitu, Anda juga akan meningkatkan traffic website Anda.

5. Pikir jangka panjang

Meskipun Anda disarankan untuk menggunakan keyword pada nama domain Anda, tetapi ingat juga untuk tidak memilih domain yang terlalu niche. Pikirkan rencana Anda ke depan. Apakah Anda berencana untuk melakukan ekspansi? Misalnya, jika Anda berencana untuk berbisnis di bidang SEO. Mungkin Anda ingin memasukkan kata SEO di nama domain Anda. Tapi pikirkan dulu apakah Anda ingin melakukan ekspansi di masa depan? Mungkin Anda akan menawarkan jasa-jasa lain seperti web development atau email marketing. Jika Anda menggunakan nama domain dengan kata SEO di dalamnya, tentunya nama ini akan menjadi kurang relevan di masa depan. Mungkin Anda berpikir kalau Anda bisa mengubah nama domain, tetapi mengubah nama domain akan mempengaruhi branding dan ranking SEO Anda. Jadi sebaiknya Anda memikirkan nama domain untuk website Anda dari awal.

6. Target area Anda

Jika bisnis Anda adalah bisnis local, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memasukkan nama kota Anda di domain Anda agar calon customer dan customer lokal dapat dengan mudah menemukan Anda.

7. Gunakan domain yang mudah diingat

Di dunia ini ada jutaan nama domain yang sudah diregister sehingga sangat penting jika Anda memiliki nama domain yang catchy dan mudah diingat. Untuk mengetes, Anda bisa bertanya pada orang lain apakah nama tersebut mudah diingat? Jika iya maka mungkin Anda bisa menggunakan domain tersebut.

8. Research!

Dalam memilih nama domain, pastikan bahwa nama domain Anda belum di trademark, copyright, atau digunakan oleh perusahaan lain. Jika Anda menggunakan nama yang sudah di trademark, copyright, dan digunakan oleh perusahaan lain, Anda bisa saja terkena masalah legal.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan research sebelum memilih sebuah nama domain. Sebelum Anda membeli domain, Anda harus mengecek dulu apakah nama yang Anda inginkan masih tersedia. Anda tidak perlu khawatir karena Hostnic menyiapkan tools untuk mengecek apakah domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak.

9. Cek apakah nama domain Anda tersedia di social media

Sebelum Anda memilih nama domain tertentu, coba cek dulu apakah nama itu tersedia di situs media sosial, serta apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama tersebut.

Untuk membangun merek Anda, ada baiknya Anda memiliki nama yang sama di seluruh domain dan social media Anda. Ini membangun branding dan memudahkan pengunjung, penggemar, dan pelanggan untuk menemukan Anda di web.Selain itu, untuk menghindari masalah hukum, Anda harus menjauh dari nama-nama yang sudah memiliki trademark atau merek dagang.

10. Hindari penggunaan angka dan hyphens

Sebaiknya hindari penggunaan angka dan hyphens. Sebisa mungkin jangan menggunakan angka dan hyphens di nama domain Anda. Penggunaan hyphens bisa membuat domain Anda menjadi lebih ribet. Bayangkan jika Facebook memiliki hyphens di antara Face dan Book sehingga menjadi Face-book? Belum tentu mereka bisa menjadi seterkenal sekarang. Intinya, menggunakan hyphens dan angka pada domain Anda dapat membuat nama domain Anda menjadi ribet.

11. Gunakan extension domain yang tepat

Extension adalah akhiran yang ada pada domain seperti .com atau .net di akhir alamat website. Sampai saat ini, extension .com adalah extension yang paling popular tetapi mendapatkan nama yang pendek dan mudah diingat dengan domain .com memang lebih sulit karena extension ini sudah ada sejak lama.

Saat ini, sudah ada banyak generic top-level domains seperti .photography, .guru, atau .id. Mungkin extension-extension seperti ini dapat membantu Anda mendapatkan nama domain yang pendek dan relevan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa extension yang sering digunakan dan bagaimana mereka digunakan:

  • .co – biasanya digunakan untuk perusahaan, website komersial, dan komunitas
  • .info – biasanya digunakan untuk website-website yang bersifat informatif
  • .net – biasanya digunakan untuk website yang membahas atau menyediakan hal-hal teknis atau infrastuktur internet
  • .org – biasanya digunakan untuk website organisasi non-commercial dan non-profit
  • .biz – biasanya digunakan untuk website bisnis dan komersial, seperti misalnya website-website e-commerce
  • .me – biasanya digunakan untuk website personal, blog, atau resume 

12. Lindungi dan bangun brand Anda

Untuk melindungi brand Anda, ada baiknya Anda membeli domain dalam beberapa extensions yang berbeda. Ini agar competitor Anda tidak me-register versi lain dari domain website Anda. Selain itu, dengan memiliki beberapa versi dari nama domain Anda, pengunjung website Anda tetap akan terhubung ke website Anda meskipun mereka salah mengetik.


Di tulis oleh: