Wireless Application Protocol (WAP)

WAP (Wireless Application Protocol) adalah standar atau protokol lama yang digunakan untuk pengiriman dan penyajian informasi nirkabel ke telepon seluler atau perangkat nirkabel lainnya. WAP akan membawa informasi secara online melalui jaringan internet menuju ponsel atau client WAP yang lain. Dengan adanya WAP, berbagai informasi dapat diakses dengan mudah tanpa harus terhubung dengan jaringan kabel.

WAP Forum merilis versi pertama WAP pada tahun 1998. Sejak itu, WAP telah digunakan secara luas oleh produsen telepon nirkabel, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi di seluruh dunia.

Untuk mengakses WAP terdapat 3 bagian utama yang dibutuhkan, yaitu :

Perangkat wireless yang mendukung sistem WAP
WAP Gateway yang bekerja sebagai perantara. WAP Gateway ini akan mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke Internet dan dapat memformat konten yang dikirim ke perangkat agar sesuai dengan ukuran layar yang digunakan.
Server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang berada di dalam website dapat berbentuk HTML atau pun WML. Untuk HTML, nantinya akan diterjemahkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP.


Di tulis oleh: