Tips Menghindari Phising

Kalian harus selalu berhati-hati dengan pesan dari pihak manapun yang meminta informasi pribadi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari email phising.

  1. Identifikasi Isi Email

Waspada terhadap pesan yang meminta informasi pribadimu. Terutama bila pesan tersebut tidak ditujukan secara personal dengan menyertakan nama. Hal ini karena email berisi phising biasanya dikirim secara massal ke banyak orang. Pesan penipuan juga akan mengandung kalimat desakan seperti “Akun Anda akan ditutup bila tidak mengirimkan data selama 24 jam”. Jangan pernah gegabah untuk mengirimkan informasi yang diminta tanpa berpikir panjang.

2. Periksa Keaslian Akun

Sebelum mengirimkan informasi yang diminta, pastikan kalian memeriksa alamat email dan nomor telepon pengirim. Apakah sesuai dengan perusahaan tersebut atau tidak. Biasanya pelaku juga akan menyertakan tautan yang diklaim akan mengarahkan kepada situs resmi perusahaan. Pastikan kalian juga memeriksa keaslian tautan tersebut.

3. Segera Lapor

Yahoo dan Gmail biasanya akan memberi peringatan atau langsung memasukkan pesan yang mencurigakan sebagai bagian dari spam. Namun, jika ada pesan di kotak inbox yang teridentifikasi sebagai penipuan, kalian bisa segera melaporkan pesan tersebut. Kalian juga bisa memindahkan sendiri pesan tersebut ke dalam folder spam. Dengan begitu, pihak email dapat menganalisis tersebut dan segera mengenali pesan-pesan serupa di masa depan.

4. Pulihkan Akun

Bila kalian merasa akun email telah diambil alih atau ternyata sudah terlanjur mengirimkan informasi pribadi, hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah memulihkan akun. Segera ubah kata sandi email yang digunakan untuk membalas pesan. Email alternatif yang juga mungkin ikut disertakan pada saat mengisi data, sebaiknya juga diubah kata sandinya.


Di tulis oleh: