Seputar Dedicated Server Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Server

Sebelum membahas Dedicated Server ,kita mulai dengan pengertian server terlebih dahulu. Apa itu server?, server adalah sistem komputer yang memiliki jenis layanan service tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Yang didukung oleh prosesor dan RAM besar dan dilengkapi oleh sistem operasi khusus.

Apa itu dedicated server? Berikut Pengertiannya!

Apa itu Dedicated server? Dedicated server adalah penyewaan suatu server secara utuh tanpa dibagi dengan user yang lainnya, sehingga hanya anda sendiri yang dapat menempati dan menggunakan dedicated server tersebut. Anda berkuasa penuh atas pengelolaan dedicated server tersebut termasuk pemilihan sistem seperti operasi, hardware, dan sebagainya. 

Dedicated Server akan menjadi satu-satunya pilihan ketika bisnis / usaha situs Anda berkembang dengan bai atau saat traffic pengunjung yang semakin bertambah akan menuntut power lebih dari server yang melayaninya. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang mengelola beberapa website sekaligus atau perusahaan yang membutuhkan kapasitas cukup besar untuk menampung database yang sangat besar dengan pengelolaan yang cukup kompleks.  

Kelebihan dan Kekurangan Yang Dimiliki Oleh Dedicated server

Kelebihan Pada Dedicated Server

Anda akan mendapatkan akses penuh, itu adalah kelebihan utama Dedicated Server. Anda bisa Mengelola sistem operasi, spesifikasi hardware server, dan pengaturan lainnya yang biasanya dibatasi pada tipe hosting yang lain.

Jika kita bukan orang yang terlalu mahir dalam urusan ini, jangan khawatir, biasanya perusahaan web hosting akan memberikan dukungan untuk hal-hal yang terkait, seperti penginstalan dan sebagainya. Anda akan mendapatkan prioritas utama, karena memang harga dedicated server itu lebih mahal daripada shared server. Bisa dikatakan ini merupakan layanan premium, Maka jangan heran kalau provider akan memberi lokasi dan data center khusus untuk layanan hosting yang satu ini.

Simak Selengkapnya : Dedicated Server Murah

Kekurangan Dedicated Server

Sebenarnya dedicated server hampir tidak memiliki kekurangan, kecuali dedicated server memiliki harga yang relatif mahal. Namun cukup setara dengan segala kuasa atau akses yang anda dapatkan dari Dedicated Server. Selain itu, butuh pengguna yang tidak gagap untuk mengelolanya. Karena semua masalah yang ada pada  website anda, harus ditangani sendiri. Hal ini dilakukan, untuk menjaga data-data pada Website anda yang bersifat rahasia atau terlalu sensitif untuk ditangani oleh orang luar.

 


Di tulis oleh: