Mengupas Manfaat Aplikasi Zoom Serta Fitur Lengkapnya

Zoom adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan pada saat ini, dimana banyak pekerja dan perusahaan melakukan WFH atau Work From Home karena kondisi Pandemi yang belum usai sejak awal tahun 2020 yang lalu.  

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi karyawan yang hendak melakukan meeting secara jarak jauh. Rapat bulanan, harian sampai bertemu dan menjalin kerjasama dengan klien kini bisa dilakukan meski tanpa tatap muka secara langsung. Terdapat beberapa keunggulan Zoom yang menjadikannya aplikasi yang paling banyak digunakan dari mulai spesifikasi, fitur dan lainnya.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang disediakan Zoom yang bisa Anda nikmati.

1. Video 

Dalam langkah melakukan pertemuan secara daring tentu kualitas video adalah hal utama, karena bisa dibayangkan jika kualitas video buruk maka mungkin meeting akan menjadi sedikit terganggu. Nah, dalam aplikasi ini, kualitas video yang ditawarkan sudah cukup baik dengan kualitas HD (High Definition) yang tentunya akan menghasilkan kualitas video yang jernih. Selain itu, kapasitas pada layar video bisa sampai 49 yang artinya mampu menampung banyak audience atau pengguna. Hal ini mendukung meeting dalam jumlah peserta lebih banyak. 

2. Audio

Kualitas video sudah bagus lantas bagaimana dengan kualitas audionya? Tenang, pada aplikasi ini kualitas audio sama dengan kualitas videonya. Suara yang dihasilkan oleh aplikasi ini akan terdengar jelas dan tak ada gangguan apapun ketika sedang menjalankan meeting.

3. Fitur Mute Video dan Audio

Saat melakukan video conference di rumah, Anda mungkin tak ingin suasana rumah terekspos atau peserta lain mendengar suara dari dalam rumah. Jika Anda hanya partisipan, Anda bisa mengaktifkan fitur mute video maupun audio sehingga Anda tetap bisa menyimak meeting namun tidak memunculkan video maupun audio Anda yang mungkin saja bisa tanpa sengaja mengganggu acara meeting yang sedang berlangsung.

4. Ubah Background

Dengan aplikasi zoom, Anda juga bisa dengan mudah mengubah tampilan background di layar sehingga bisa tampak lebih menarik. 

5. Fitur Recording Video

Fitur yang satu ini akan sangat bermanfaat, apalagi buat yang gampang lupa atau tidak sempat mencatat hal-hal penting dalam meeting. Aplikasi Zoom memungkinkan pengguna untuk merekam meeting yang sedang berlangsung dan menyimpannya untuk dilihat di kemudian hari. 

Masih banyak lagi fitur dalam aplikasi Zoom yang bisa memudahkan dalam urusan pekerjaan. Anda bisa juga membuat sebuah grup dan melakukan aktivitas sharing file dengan mudah. Zoom dapat digunakan pada perangkat komputer maupun ponsel pintar. Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda hanya harus mendownload aplikasinya melalui Play Store. Semoga informasi ini bermanfaat!


Di tulis oleh: