Mengapa Internet of Things (IoT) begitu penting?

Dalam hal memahami IoT atau Internet of Things, Anda harus tahu bahwa IoT adalah jaringan objek fisik, yakni hal-hal yang terintegrasi atau tertanam dalam sistem berupa sensor, software dan berbagai teknologi lainnya.

Tujuan dari objek tersebut adalah untuk terhubung dengan sistem dan perangkat lain untuk bertukar data atau informasi melalui internet. Yang paling menakjubkan, perangkat semacam itu mulai dari benda-benda rumah tangga sederhana seperti peralatan rumah pintar hingga peralatan industri yang canggih dan raksasa.

Menurut para ahli, saat ini, sekitar 10 miliar perangkat IoT yang terhubung berfungsi secara global dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat menjadi 22 miliar pada tahun 2025. Tingkat penggunaan perangkat semacam IoT Backend sebagai layanan jelas akan terus meningkat dari statistik ini.

Jadi, mengapa tidak melihat pentingnya mereka dalam hidup kita?

Selama bertahun-tahun, internet of things telah menjadi salah satu teknologi paling penting dan menakjubkan saat ini. Dengan bantuan perangkat IoT, kita dapat terhubung dengan objek sehari-hari mulai dari mobil, peralatan dapur, monitor bayi hingga thermostat dan banyak lagi melalui perangkat yang disematkan.

Melalui internet, komunikasi tanpa batas menjadi mungkin antara proses, orang, dan benda. Dengan bantuan komputasi berbiaya rendah, data besar, analitik, cloud, dan teknologi seluler canggih, hal-hal fisik dapat berbagi dan menghubungkan data melalui intervensi minimal manusia.

Di dunia hyperconnected saat ini, sistem ini dapat memantau, menyesuaikan dan merekam setiap interaksi dengan hal-hal yang terhubung.


Di tulis oleh: