Macam Web Server Localhost

Saat ini kita dapat menemukan macam macam web server yang bisa digunakan, berikut beberapa rekomendasinya:

1. XAMPP
XAMPP merupakan salah satu web server populer dan banyak digunakan oleh para web developer. Web server ini gratis digunakan serta bersifat open source.

Perlu diketahui, nama XAMPP diambil dari singkatan beberapa fungsi yaitu dari X yang berarti cross platform, Apache, MySQL, PHP dan Perl. Sesuai dengan namanya, XAMPP ini dapat digunakan diberbagai sistem operasi baik itu Windows, Linux, atau pun Mac OS X.

Selain itu, XAMPP juga sangat berguna untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL.

2. Wamp Server
Jika menggunakan WampServer, dapat memasang Apache, MySQL, dan PHP di local host. Sama seperti XAMPP, Wamp Server ini juga bisa digunakan secara gratis, namun hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Windows saja.

Jadi, jika kita adalah pengguna sistem operasi yang lain,kita tidak bisa menggunakan web server ini. Salah satu kelebihan yang diunggulkan dari Wamp Server yaitu kemampuan yang memungkinkan penggunanya untuk develop, upgrade components, mengerjakan berbagai task development, dan menguji semuanya secara offline untuk mengurangi risiko adanya masalah pada live server.

3. AMPPS
AMPPS merupakan singaktan dari Apache, MYSQL, PHP , PERL, Python, dan Softaculous. Web server ini dibuat oleh Softaculous dan dapat berjalan di Windows, Linux atau pun Mac OS X. Selain itu, karena memiliki fitur Softaculous auto installer, dengan menggunakan AMPPS, dapat memasang berbagai aplikasi web seperti WordPress, Joomla, dan Drupal secara mudah.


Di tulis oleh: